Terapi Non Farmakologi Penyakit Pusing

Terapi Non Farmakologi Penyakit Pusing

Penyakit pusing merupakan sebuah gangguan kesehatan, dimana terjadi sebuah gejala sakit pada bagian kepala.

Namun sakit kepala ini hanya terjadi pada sebagian saja. penyebab penyakit pusing sendiri bermacam-macam.

Mulai dari salah posisi ketika tidur, konsumsi obat-obatan, minuman keras dan lain sebagainya.

Terapi Non Farmakologi Penyakit PusingWalaupun penyakit pusing hanya menyerang pada bagian sebelah kepala saja, akan tetapi jika sakit kepala sebelah tersebut dibiarkan akan sangat berbahaya.

Bahkan pernah ada sebuah kasus seseorang yang menderita penyakir pusing dan dibiarkan, dia mengalami mati separuh.

Nah maka dari itu agar Anda tidak mengalami dampak berbahaya tersebut, mulai sekarang lakukan penanganan penyakit pusing, ada banyak sekali cara mengatasi penyakit pusing yang bisa dilakukan.

Salah satu yang paling banyak adalah konsumsi obat sakit kepala (aspirin), akan tetapi tahukah Anda sebenarnya pengobatan ini hanya bersifat semu atau sementara?

Terapi Non Farmakologi Penyakit Pusing


Solusi yang tepat untuk mengatasi penyakit pusing adalah dengan menerapkan terapi non farmakologi atau kerap disebut dengan penanganan tanpa menggunakan obat.

Apa saja terapi non farmakologi tersebut?

Untuk menjawabnya silahkan simak terapi non farmakologi penyakit pusing berikut ini.

1. Konsumsi banyak air putih


Salah satu penyebab munculnya penyakit pusing adalah tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Nah untuk mengatasi kekurangan cairan ini Anda dapat mengkonsumsi banyak cairan atau air. Air yang terbaik untuk tubuh adalah air putih.

Oleh sebab itu untuk mengatasi penyakit pusing, konsumsi air putih sebanyak-banyaknya, usahakan setiap hari lebih dari 8 gelas.


2. Konsumsi kentang


Selain dehidrasi atau kekurangan cairan, penyebab penyakit pusing yang lainnya adalah tubuh mengalami kekurangan senyawa elektrolit berupa kalium.

Maka dari itu untuk mengatasi penyakit pusing akan sangat penting apabila Anda konsumsi makanan yang banyak mengandung kalium.

Salah satu makanan yang banyak mengandung kalium adalah kentang. Anda dapat mengkonsumsi kentang dengan cara merebus, memanggang dan membakar.

Pisang juga tinggi kalium dan bagus untuk menghilangkan pusing yang Anda derita.


Tidak diperkenankan untuk menggoreng, karena hal tersebut justru akan membuat sakit kepala pusing menjadi bertambah parah.


3. Konsumsi pisang


Pisang terkenal dengan kandungan potasium dan magnesium yang sangat tinggi. Kedua senyawa inilah yang sangat efektif untuk meredakan sakit pusing atau sakit kepala sebelah.

Maka dari itu jika Anda mengalami penyakit pusing, konsumsi pisang sebanyak-banyaknya, terserah Anda ingin mengkonsumsi jenis pisang apa.

Baik pisang ambon, pisang susu dan lain sebagainya, karena pada dasarnya manfaat buah ini sama.


4. Gunakan es batu


Jika es kita konsumsi banyak-banyak menyebabkan sakit kepala, akan tetapi sebenarnya es tersebut dapat kita gunakan untuk mengobati sakit kepala pusing, caranya bukan dengan meminum.

Akan tetapi dengan mengoleskan secara berulang kali pada bagian kepala yang sakit hingga sakit tersebut reda atau sembuh.
Penyakit sembuh dapat sembuh sendiri tanpa perawatan medis kecuali jika berlanjut maka konsultasikan ke dokter spesialis saraf perihal keluhan Anda


Itulah beberapa terapi non farmakologi penyakit pusing, semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel