Terapi non farmakologi penyakit alergi

Terapi non farmakologi penyakit alergi


Alergi merupakan sebuah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu benda yang tidak berbahaya, namun bila terkena penderita alergi tersebut akan bereaksi.

Seperti alergi terhadap bulu kucing, makanan dan masih banyak lagi.

Seseorang dikatakan mengalami alergi apabila dia bereaksi abnormal terhadap benda yang sebenarnya tidak menimbulkan efek bagi kebanyakan orang.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Alergi


Alergi dapat menimbulkan beberapa masalah seperti masalah kulit seperti gatal-gatal, masalah pencernaan seperti diare dan masalah pernapasan seperti asma, flu.

Maka dari itu jika Anda mengalami alergi Anda harus segera mengatasinya.

Salah satu cara yang saya rekombinasikan kepada Anda adalah dengan terapi non farmakologi atau sering orang awam sebut sebagai terapi tanpa menggunakan obat.

Berikut terapi non farmakologi penyakit alergi:

1. Rencanakan untuk berolahraga


Terapi non farmakologis yang pertama adalah berolahraga secara rutin, mungkin bagi penderita penyakit alergi akan sangat sulit ketika dia melakukan olahraga.

Karena pada penderita alergi sistem pernapasanya terhambat oleh alergen (zat penyebab alergi). Untuk terapi non farmakologi penyakit alergi melalui olahraga ini sendiri berbeda-beda.

Misal jika Anda mengalami alergi udara panas atau dingin usahakan olahraga didalam ruangan, dan jika Anda tidak mengalami alergi udara luar maka saya sarankan untuk berolahraga diluar.

Seperti berolahraga dibawah pohon dan rerumputan. Selain itu hindarkan asap kendaraan bermotor karena polusi seperti itu bisa memperburuk penyakit alergi pada diri Anda.

2. Gunakan pakaian yang berbahan alami


Terapi non farmakologis yang selanjutnya yaitu dengan memakai pakaian yang berasal dari bahan alami seperti catton.

Karena jika Anda menggunakan pakaian yang berasal dari bahan sintetis seperti polyester maka akan menimbulkan gesekan pada kulit.

Sehingga hal itu menyebabkan penyakit alergi pada diri Anda semakin parah.

Maka dari itu dengan menggunakan pakaian yang berasal dari bahan alami merupakan cara yang tepat dalam melakukan terapi non farmakologi penyakit alergi.

3. Minumlah teh hijau


Mengatasi penyakit alergi tanpa menggunakan obat atau terapi non farmakologis dapat Anda lakukan dengan cara mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

Menurut penelitian antioksidan yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi respon terhadap alergen seperti alergi pada bulu, makanan, debu dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan terapi non farmakologi penyakit alergi menggunakan teh hijau secara rutin minimal 2x sehari maka penyakit alergi yang Anda derita akan hilang.

Dalam melakukan terapi non farmakologi penyakit alergi diatas haruslah Anda lakukan secara rutin mengigat cara mengatasi alergi seperti ini tidak menggunakan obat.

Jadi hanya perlu ketelatenan saja pada perawatan, selain itu jika Anda mengalami penyakit alergi ini saya sarankan untuk menghindari alergen atau zat yang dapat membuat alergi Anda kambuh.

Semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel