Terapi Non Farmakologi Penyakit Campak

Terapi Non Farmakologi Penyakit Campak

Campak merupakan penyakit yang umum diderita oleh manusia, biasanya manusia akan menderita campak ini pada usia 7-10 tahun atau ketika mereka masih SD (sekolah Dasar).

Namun bisa juga terjangkit kepada orang dewasa.



Terapi Non Farmakologi Penyakit Campak


Campak ini ditandai dengan ruam pada kulit, ruam tersebut berwarna merah, penyebab dari penyakit campak ini sendiri adalah virus dari golongan Paramixovirus. 

Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, sehingga penyakit campak ini bisa menular kepada siapa saja, terutama seseorang yang terkena cairan dari kulit penderita campak ini.

Untuk mengatasi penyakit campak ini sendiri Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya seperti membeli obat mahal atau melakukan suntik vaksin.

Karena pada dasarnya penderita penyakit campak ini hanya perlu perawatan secara intensif.

Kali ini saya akan berbagi tips mengenai perawatan penyakit campak tanpa obat atau sering disebut dengan terapi non farmakologi.

Nah jika Anda mengalami penyakit menular ini alangkah lebih baik apabila melakukan.

1. Penderita sebaiknya istirahat dirumah


Karena penyakit campak ini tergolong penyakit menular, baik menular melalui udara atau cairan dari tubuh penderita.

Maka dari itu akan sangat penting apabila penderita untuk beberapa saat beristirahat di rumah. Hal ini bertujuan agar penyakit campak tidak menular kepada orang lain.


2. Minumlah air putih sebanyak-banyaknya

Air sangat berperan penting bagi penderita penyakit campak ini, karena jika penderita tidak mendapatkan asupan air yang cukup.

Akan mengakibatkan dehidrasi, sehingga penyakit campak akan lama sembuh. Minimal penderita harus mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari.

3. Berikan suplemen atau nutrisi yang cukup

Nutrisi sangat berguna bagi tubuh kita untuk menjaga kesehatan atau kekebalan tubuh, sama halnya dengan penderita penyakit campak. 

Penderita harus diberikan asupan suplemen atau nutrisi yang cukup. Nutrisi yang diperlukan oleh penderita campak adalah makanan yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.

4. Menjaga kebersihan tubuh penderita

Akan sangat penting apabila penderita penyakit campak untuk selalu menjaga kebersihan tubuh.

Karena jika kotoran seperti keringat atau debu akan menyebabkan iritasi dan komplikasi pada bagian kulit yang terkena campak.

Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan cara mandi secara teratur dan membersihkan lingkungan seperti tempat tidur atau kebersihan makanan yang akan dikonsumsi.

Dengan melakukan perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi diatas secara rutin setiap hari. 

Maka penyakit campak yang Anda derita akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus membeli ataupun melakukan perawatan mahal lainya.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel