Terapi non farmakologi penyakit gout

Terapi non farmakologi Penyakit asam urat tinggi atau gout

Penyakit gout – Penyakit persendian yang perlu diwaspadai oleh siapapun adalah penyakit gout.

Gout merupakan radang sendi atau arthritis yang disebabkan oleh kristal asam urat. Asam urat merupakan hasil pemecahan purin dari makanan yang kita konsumsi.

Gout ini jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena kristal asam akan mengendap dibagian tubulus ginjal sehingga menyebabkan batu ginjal dan jika terus dibiarkan akan menjadi semakin parah yakni gagal ginjal.

Gejala yang dapat muncul karena penyakit gout ini adalah nyeri sendi, pembengkakan dan warna memerah pada bagian sendi kaki, lutut, lengan, pergelangan tangan dan masih banyak lagi. radang sendi ini akan menyerang secara tiba-tiba.

Terkadang pembengkakan dan rasa nyeri berlangsung berminggu-minggu dan jika tidak ditangani, rasa nyeri itu akan berlangsung selama bertahun-tahun.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Gout


Untuk mengatasi penyakit gout ini sendiri ada banyak cara salah satu cara cepat untuk menangani penyakit gout ini adalah dengan mengkonsumsi obat atau suntik bahan kimia.

Akan tetapi penanganan penyakit gout tersebut hanyalah bersifat sementara, jika dosis obat tersebut hilang maka akan timbul lagi sehingga kita harus selalu mengkonsumsi obat setiap hari agar radang sendi tersebut dapat hilang.

Sebenarnya ada cara mengatasi penyakit gout secara lebih aman dan tahan lama yaitu perawatan tanpa menggunakan obat atau sering dikenal dengan terapi non farmakologi.

Cara mengatasi penyakit gout ini tergolong aman dan sangat mudah untuk Anda lakukan karena tidak menggunakan bahan apapun untuk menyembuhkan penyakit gout ini.

Berikut tips terapi non farmakologi penyakit gout.

1. Memperbanyak minum air putih


Terapi non farmakologi penyakit gout yang pertama adalah memperbanyak meminum air putih atau air mineral.

Air mineral akan membantu menghambat pengapuran yang terjadi pada persendian selain itu air putih juga mampu menghindarkan penderita gout dari batu ginjal akibat timbunan asam urat pada tubulus ginjal.

Jika Anda menderita penyakit gout usahakan minimal minum 8 gelas air putih selama satu hari penuh. Dengan begitu asam urat berlebih dapat larut bersama dengan urin.


2. Merubah pola makan


Penyebab terbesar terjadinya produksi asam urat berlebih dalam tubuh adalah makanan.

Makanan yang kita konsumsi akan di konversi menjadi asam urat berlebih apalagi makanan tersebut banyak mengandung purin maka akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan si penderita gout.

Dengan mengurangi makanan berputin tinggi seperti makanan seafood, daging, jerohan, otak, hati dan makanan kerang maka kadar asam urat dalam darah akan berkurang sehingga gejala yang mungkin timbul seperti nyeri sendi akan berkurang dengan sendirinya.

3. Mengurangi konsumsi alkohol


Minuman alkohol juga dapat memicu kambuh penyakit gout. Alkohol diketahui mempunyai kandungan yang dapat memiliki efek diuretik sehingga menyebabkan kekurangan air dan memicu serangan gout akut.

Minuman alkohol juga dapat mempengaruhi metabolisme asam urat dan menyebabkan gejala hyperuricemia.

Hal ini dapat menghambat pengeluaran asam urat pada ginjal dan menyebabkan kadar asam urat menjadi menumpuk diare persendian.

Dengan mengurangi konsumsi alkohol maka penyakit gout dapat secara bertahap menjadi lebih baik.

Namun tips terapi non farmakologi penyakit gout yang telah saya sampaikan tadi tidak akan berguna jika Anda hanya satu kali saja melakukannya.

Karena perawatan ini tidak menggunakan obat sehingga harus Anda lakukan secara telaten. Maka dari itu dengan melakukan terapi non farmakologi diatas secara rutin setiap harinya.

Konsultasikan dengan dokter spesialis rematologi untuk keluhan keparahan Anda


Maka secara bertahap penyakit gout yang Anda derita bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Semoga informasi diatas bisa membantu Anda, terimakasih.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel