Terapi Non Farmakologi Penyakit ISPA

Terapi Non Farmakologi Penyakit ISPA

Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) secara umum dapat dibedakan menjadi 2 macam yakni Common Cold dan Influenza.

Penyakit ini sering muncul terutama pada musim pancaroba seperti sekarang ini.

Gejala yang ditimbulkan penyakit ispa ini sendiri bervariasi mulai dari demam, nyeri tenggorokan, Pilek dan hidung buntu, Batuk kering dan gatal, Batuk berdahak.

Apabila dibiarkan akan menyebabkan komplikasi seperti pneumonia atau radang paru-paru yang ditandai dengan sesak napas.

Penyakit ispa ini disebabkan karena virus, sehingga merupakan penyakit yang bisa menular ke orang lain.

Penularan sendiri bisa melalui cairan yang dikeluarkan dari penderita ispa ini, seperti ketika penderita bersin atau meludah.

Penyakit ini terkadang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan pengobatan khusus.

Akan tetapi apabila sudah komplikasi akan berbahaya juga, untuk mengatasi penyakit ispa kita bisa melakukan perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi.

Karena cara ini tidak memakai obat jadi Anda harus melakukannya secara rutin, berikut ini terapi non farmakologi penyakit ISPA.


Terapi Non Farmakologi Penyakit ISPA


1. Kompres Air Hangat

Untuk mengatasi demam pada penderita penyakit ispa ini Anda dapat menyeka atau kompres dengan menggunakan air hangat, caranya adalah masukan handuk kecil kedalam wadah yang sudah berisi air hangat.

Akan tetapi jangan terlalu panas karena akan menimbulkan kulit penderita melepuh, kompres handuk hangat tersebut diatas dahi penderita hingga demamnya turun.

Selain itu agar penderita tidak kedinginan ketika mandi, Anda bisa menyiapkan air hangat untuk dia mandi. Hal ini akan membantu mengurangi gejala demam yang ditimbulkan dari penyakit ispa.

2. Pastikan Memperbanyak Minum

Pada penderita penyakit ispa ini, dia akan mengeluarkan lendir yang sangat kental dari hidungnya, nah untuk mengatasi hal ini Anda dapat memberikan asupan cairan yang lebih banyak.

Seperti memberi minum air putih sebanyak-banyaknya agar cairan tersebut tidak kental akan tetapi menjadi encer.

Karena apabila cairan kental, virus akan semakin mudah berkembang biak didalam tubuh penderita itu sendiri.

3. Hindari Mengkonsumsi Makanan Dingin

Penderita penyakit ispa tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makan dingin seperti yang berasal dari kulkas.

Karena makanan dingin akan membuat demam semakin menjadi buruk, sehingga penderita penyakit ispa akan memerlukan waktu yang lama untuk sembuh.

4. Hindari Polusi Udara

Karena penyakit ini menyerang saluran pernapasan, jadi akan sangat penting untuk menjaga udara sekitar selalu bersih dan terhindar dari polusi, baik asap atau debu.

Karena jika penderita banyak menghirup polusi udara akan menyebabkan komplikasi berupa peradangan paru-paru. Anda dapat memakaikan masker kepada penderita ketika keluar ruangan.

Kebanyakan dari penderita penyakit ispa ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat.

Namun apabila setelah melakukan terapi non farmakologi diatas belum ada peningkatan selama 1 minggu, lebih baik bawa penderita penyakit ispa ini ke dokter.

Semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel