Terapi Non Farmakologi Penyakit Sinusitis

Terapi Non Farmakologi Penyakit Sinusitis
Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada tulang sinus.

Tulang sinus itu sendiri berfungsi untuk melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk kedalam hidung.

Peradangan ini disebabkan karena pengaruh infeksi berupa debu atau polusi udara, infeksi ini membuat lendir yang seharusnya cair menjadi mengendap didalam tulang hidung atau sinus, sehingga timbul penyakit sinusitis.

Gejala yang diakibatkan penyakit sinusitis ini adalah sulitnya mengambil udara atau bernapas melalui hidung, hal ini terjadi karena lendir telah mengeras dan menutupi bagian hidung.

Untuk mengatasi penyakit sinusitis ini sediri terdapat 2 macam cara yakni dengan terapi farmakologi (Obat) dan terapi non farmakologi (Non Obat).

Namun kali ini saya akan berbagi cara penanganan penyakit sinusitis dengan terapi non farmakologi, karena selain aman.

Cara ini juga mudah Anda lakukan sendiri dirumah tanpa memerlukan biaya mahal, berikut ini tips terapi non farmakologi penyakit sinusitis.


Terapi Non Farmakologi Penyakit Sinusitis



Menghindari konsumsi produk susu yang berlebihan 

Seperti yogurt, es krim, keju dan masih banyak lagi, karena hal ini akan membuat penimbunan lendir dalam sinus menjadi lebih banyak dan semakin parah.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Buat lingkungan menjadi bersih, infeksi yang terjadi pada penderita penyakit sinus karena lingkungan yang kurang streil atau kurang bersih, nah agar infeksi tidak semakin parah, Anda harus rajin membersihkan lingkungan seperti dari debu, polusi dan masih banyak lagi.

Hindari Merokok

Hindari merokok, asap dari rokok mengandung toksin atau racun yang sangat membahayakan saluran pernapasan terutama untuk penderita sinusitis, maka dari itu jika menderita sinusitis hindari rokok mulai sekarang juga.

Konsumsi Makanan Higienis

Konsumsi makanan higienis, makanan yang higenis atau bersih akan sangat penting untuk mendukung proses penyembuhan dari penyakit sinusitis ini, konsumsi makanan yang higienis seperti makanan yang telah terjamin mutunya.

Membersihkan Gigi Secara Rutin

Bersihkan gigi secara rutin, lendir yang terdapat pada gigi juga akan ikut menyokong pengendapan yang terjadi pada tulang sinus, untuk menghindari hal tersebut terjadi, rutinlah membersihkan gigi dengan cara gosok gigi ataupun berkumur dengan cairan pembersih gigi.

Konsumsi Makanan Penyebab Lendir

Jangan mengkonsumsi makanan penyebab lendir menjadi banyak seperti es, makanan yang terlau pedas, makanan yang terlalu asin dan masih banyak lagi, karena hal tersebut akan memicu lendir menjadi banyak dan menyebabkan pengendapan yang lebih besar.

Lakukanlah terapi non farmakologi diatas secara rutin setiap hari, namun apabila tidak ada perubahan, lebih baik penderita dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Karena jika dibiarkan akan sangat berbahaya bisa mengakibatkan infeksi organ yang lain seperti paru-paru, jantung, tenggorokan (faringitis) dan masih banyak lagi.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel