Terapi non farmakologi penyakit bronkitis

Terapi non farmakologi penyakit bronkitis


Penyakit bronkitis – Penyakit bronkitis merupakan peradangan tenggorokan atau Bronkus.

Penyakit bronkitis ini akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi apabila bronkitis ini diderita oleh seseorang yang mengalami penyakit lain seperti asma.

Penyakit paru-paru dan jantung dengan kondisi kekebalan yang lemah seperti HIV, AIDS, dan lansia maka penyakit radang tenggorokan ini akan sangat berbahaya sekali.

Gejala yang sering muncul oleh penyakit bronkitis ini adalah batuk selama 3 bulan berturut-turut dan tidak kunjung sembuh dalam waktu 2 tahun terakhir.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Bronkitis


Selain itu batuk tersebut juga mengeluarkan dahak yang berwarna kuning kemerahan seperti darah. jika hal tersebut dibiarkan akan sangat berbahaya sekali oleh karena itu kita harus segera mengatasi penyakit bronkitis tersebut.

Salah satu cara yang aman adalah dengan terapi non farmakologi atau sering disebut penanganan tanpa obat. Berikut terapi non farmakologi penyakit bronkitis:

1. Mengurangi Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol


Terapi Non Farmakologi Penyakit Bronkitis yang pertama adalah mengurangi kebiasaan buruk yang menjadi pemicu peradangan pada tenggorokan seperti merokok dan minum alkohol.

Karena dalam rokok terkandung bahan kimia salah satunya nikotin yang bisa membuat tenggorokan menjadi iritasi sehingga menimbulkan peradangan tenggorokan.

Nah jika Anda mengalami penyakit bronkitis ini sebisa mungkin mengurangi rokok dan minum alkohol.


2. Menjaga Pola Makan


Makanan yang masuk dalam tubuh akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan seseorang, karena dari makanan tubuh mendapatkan nutrisi yang lebih.

Dengan menjaga pola makan sehat maka akan sangat baik terutama bagi penderita penyakit bronkitis.

Maka dari itu jaga pola makan Anda mulai sekarang dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi.

Hindari konsumsi makanan berlemak atau berminyak karena akan menimbulkan penyakit bronkitis semakin parah.


3. Memperbanyak Minum Air Putih


Untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada tenggorokan Anda bisa memperbanyak konsumsi air putih atau air mineral.

Karena air putih bersifat sebagai pendingin pada tenggorokan sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan Anda akibat penyakit bronkitis.


4. Rutin Berolahraga


Mungkin akan sangat sulit bagi Anda yang mengalami penyakit bronkitis ini untuk melakukan olahraga karena akan menimbulkan sesak napas.

Namun olahraga ini sangat penting untuk proses penyembuhan penyakit bronkitis yang Anda derita.

Solusi yang tepat adalah dengan olahraga ringan seperti yoga, senam lantai, berjalan-jalan dan masih banyak lagi, lakukan pada pagi hari karena udaranya lebih sejuk dan segar.

Penyakit bronkitis jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena tenggorokan akan terinfeksi dan bisa menimbulkan kematian bagi penderita itu sendiri.

Sebelum penyakit bronkitis ini menjadi penyakit mematikan bagi diri Anda lebih baik mengatasinya mulai dari sekarang juga.

Salah satunya dengan menggunakan terapi non farmakologi seperti yang telah saya ulas diatas.

Selain itu Anda juga harus menghindarkan berbagai kebiasaan yang bisa memicu timbulnya penyakit bronkitis ini seperti merokok, minum alkohol dan kebiasaan buruk lainnya.
Jika keluhan Anda masih berlanjut parah maka konsultasikan dengan dokter spesialis paru-paru


Lakukan terapi non farmakologi penyakit bronkitis diatas secara rutin maka penyakit bronkitis Anda akan sembuh secara bertahap.

Semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel