Terapi non farmakologi penyakit asma

Terapi Non Farmakologi Penyakit Asma


Penyakit asma – Asma merupakan sebuah penyakit yang menyerang saluran udara yang masuk ke paru-paru.

Pada penderita asma saluran pernapasan menuju paru-paru akan meradang, membengkak dan berlendir.

Terkadang karena sesuatu hal otot saluran pernapasan ini berkontraksi karena kondisi brontoplasma. Hal ini menyebabkan saluran udara menjadi ciut dan sesak napas disertai bunyi.

Penyakit asma dapat disebabkan alergi dan bisa juga disebabkan oleh hal lain. penderita penyakit asma karena alergi kebanyakan terjadi pada anak-anak.

Sedangkan penyebab timbulnya asma yang lain seperti asap rokok, makanan, infeksi pernapasan, asap kendaraan bermotor, keadaan stres, kabut dan obat-obatan tertentu.

Biasanya asma yang timbul karena hal tersebut kebanyakan orang dewasa.

Jika asma sudah kambuh pasti kita akan mencari inhaler untuk kita hirup agar tidak sesak lagi, namun menggunakan obat tersebut membuat kita semakin ketergantungan.

Selain itu obat tersebut juga akan memperburuk asma yang kita derita sehingga kita perlu penanganan penyakit asma tanpa menggunakan obat (non farmakologi).

Karena dengan menggunakan cara non farmakologi kita tidak akan mendapatkan umpan balik berupa efek samping sehingga akan sangat aman apabila kita lakukan.

Berikut ini terapi non farmakologi penyakit asma:


Terapi Non Farmakologi Penyakit Asma



Pada dasarnya mengatasi penyakit asma tanpa obat atau non farmakologi dilakukan dengan cara menghindari zat yang bisa memicu kambuh asma pada diri kita:


1. Rajin Membersihkan Lingkungan


Terapi non farmakologi penyakit asma yang pertama adalah dengan rajin membersihkan lingkungan seperti tempat tidur, ruang santai, kamar tamu dan masih banyak lagi.

Usahakan selalu membersihkan tempat yang Anda kunjungi tersebut, hal ini berguna agar zat pemicu kambuh asma seperti debu dan zat lain tidak menempel pada benda dan terhirup oleh Anda. sehingga tidak menimbulkan kambuh penyakit asma.


2. Membuat Ventilasi Udara yang sehat


Agar udara segar dapat masuk ke rumah kita, buatlah sebuah ventilasi udara seperti jendela, lubang di dinding dan masih banyak lagi.

Hal ini berguna agar saluran pernapasan kita menjadi lancar dan akan sangat baik untuk penderita penyakit asma.

Karena udara segar dapat memicu saluran pernapasan dan otot pada saluran tersebut menjadi rileks atau tidak menegang.


3. Menggunakan Masker


Akan sangat penting bila penderita penyakit asma menggunakan masker ketika dia berada diluar ruangan.

Karena diluar ruangan terdapat banyak sekali pemicu kambuh asma seperti asap rokok, polusi, debu dan masih banyak lagi zat yang bisa memicu kambuh asma.

Dengan menggunakan masker diluar ruangan maka Anda akan terhindar dari berbagai zat yang memicu asma Anda kambuh.


4. Menghindari Stres


Terapi non farmakologi penyakit asma yang terakhir adalah menghindari stres secara berlebih. Stres sangat buruk bagi kesehatan manusia terutama bagi penderita asma.

Karena stres mampu memicu kontraksi otot pada saluran pernapasan sehingga otot tersebut sempit dan mengakibatkan sesak napas.

Maka dari itu sering-sering refresing ke tempat yang berudara sejuk seperti pegunungan dan tempat wisata lainnya.

Apabila tidak segera diatasi maka penyakit asma akan mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya lainnya seperti paru-paru basah, jantung, stroke dan masih banyak lagi.

Maka dari itu dengan melakukan terapi non farmakologi penyakit asma diatas diharapkan para penderita penyakit asma dapat lekas sembuh dan dapat beraktivitas sebagai mana mestinya tanpa diganggu penyakit sesak napas ini.

Penyembuhan asma tanpa obat atau terapi non farmakologi sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan karena tidak akan menimbulkan efek samping dan ketergantungan.
Jika keluhan asma masih berlanjut, maka konsultasikan dengan dokter spesialis paru-paru untuk mengatasi keluhan Anda


Lakukan terapi non farmakologi penyakit asma diatas secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel