Terapi Non Farmakologi Penyakit Amandel

Terapi Non Farmakologi Penyakit Amandel


Sobat terapi, amandel merupakan sebuah organ yang terdapat pada bagian dalam mulut, tepatnya di bagian saluran mulut menuju ke kerongkongan.

Amandel ini berfungsi untuk membunuh semua kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh, akan tetapi sekarang ini organ amandel tersebut sering mengalami berbagai macam gangguan.

Seperti salah satunya peradangan amandel atau sering disebut dalam dunia kedokteran dengan penyakit tonsilitis, sedangkan di masyarakat penyakit tonsilitis disebut dengan penyakit amandel.


Terapi Non Farmakologi Penyakit Amandel



Untuk mengatasi penyakit amandel sendiri sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan, mulai dari pengangkatan amandel, bedah, operasi, konsumsi obat-obatan dan lain sebagainya.

Akan tetapi sebelum Anda melakukan penanganan semacam itu, lebih baik tangani penyakit amandel tersebut dengan terapi non farmakologi atau kerap disebut dengan penanganan tanpa menggunakan obat.

Terapi non farmakologi tidak akan menimbulkan efek samping apapun pada diri Anda.

Karena pada dasarnya terapi non farmakologi tidak menggunakan obat atau bahan kimia berbahaya lainnya, nah apa saja terapi non farmakologi penyakit amandel itu?

Untuk mengetahuinya silahkan simak terapi non farmakologi penyakit tonsilitis atau amandel berikut ini.


1. Perbanyak konsumsi air putih


Penyakit amandel disebabkan karena organ tersebut terinfeksi oleh sejumlah bakteri atau kuman, nah untuk membunuh kuman ini.

Anda dapat mengkonsumsi banyak air putih, selain dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab penyakit amandel, dengan konsumsi air putih.

Maka racun yang tidak terserap oleh amandel dalam tubuh dapat terlarut dengan mudah melalui BAK.


2. Perbanyak konsumsi vitamin C


Peradangan yang terjadi pada bagian organ amandel memang sangat sakit sekali, terlebih jika kita menelan sebuah makanan atau hanya berbicara saja, untuk mengatasi sakit nyeri akibat peradangan ini.


Anda bisa memperbanyak konsumsi vitamin C. Ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin C tinggi, mulai dari buah jeruk, lemon, alpukat, jambu biji dan lain sebagainya.


3. Mengobati amandel dengan mengkudu


Mengkudu mengandung berbagai senyawa antiseptik dan antibakterial yang mampu melawan kuman atau bakteri penyebab munculnya penyakit amandel.

Maka dari itu konsumsi buah mengkudu secara rutin setiap harinya jika Anda ingin sembuh dengan cepat dari penyakit amandel yang Anda derita.

Anda juga bisa menambahkan madu agar hasil terapi non farmakologi ini dapat maksimal.


4. Hindari alkohol, rokok dan es


Terapi non farmakologi penyakit amandel yang terakhir adalah dengan menghindari alkohol, rokok dan es.

Konsumsi semacam itu sebenarnya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi Anda yang menderita penyakit amandel, karena jika Anda masih melakukan kebiasaan buruk semacam itu.

Penyakit amandel Anda akan mengalami komplikasi berbahaya, seperti munculnya tumor atau kanker.
Konsultasikan ke Puskesmas terdekat atau rujuk ke dokter THT jika Amandel tidak kunjung sembuh


Itulah beberapa terapi non farmakologi penyakit amandel atau penyakit tonsilitis, semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel