Terapi Non Farmakologi Penyakit Herpes

Terapi Non Farmakologi Penyakit Herpes


Pastinya Anda sudah mengetahui banyak mengenai penyakit herpes ini. penyakit ini sering menyerang pada bagian kulit luar tubuh, baik itu kulit bagian tangan, kulit punggung dan bahkan kulit bagian wajah.

Penyebab penyakit herpes sendiri adalah virus yang bernama HSV (Herpes Simplek Virus). penyakit herpes dapat dibagi menjadi 2 yakni HSV-1 dan HSV-2.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Herpes



Di Indonesia sendiri penyakit herpes disebut juga dengan penyakit dompo, penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam-ruam pada bagian kulit.

Ruam tersebut lama kelamaan akan mengalami peradangan, hingga pada akhirnya menyebabkan rasa perih, nyeri dan bahkan sensasi terbakar.

Ada banyak sekali pengobatan penyakit herpes/dompo yang bisa dilakukan, seperti mengkonsumsi obat, suntik bahan kimia tertentu dan masih banyak lagi.

Akan tetapi pengobatan penyakit herpes semacam itu tidak banyak dilakukan oleh penderita herpes, mereka beralasan hanya akan membuat biaya tanpa sebuah hasil yang pasti.

Solusi tepat mengobati penyakit herpes atau dompo adalah dengan melakukan terapi non farmakologi atau kerap disebut dengan perawatan tanpa menggunakan obat.

Cara ini tidak menimbulkan efek samping apapun, karena pada dasarnya tidak menggunakan obat kimia, berikut terapi non farmakologi penyakit herpes atau dompo.


1. Jaga selalu kebersihan tubuh


Salah satu penyebab munculnya penyakit herpes adalah kurangnya menjaga kebersihan. Jika seseorang tidak sadar akan kebersihan dirinya.

Hal ini akan memberikan jalan kepada virus HSV untuk masuk kedalam bagian kulit dan menyebabkan munculnya penyakit dompo atau herpes ini.

Oleh sebab itu akan sangat penting apabila Anda selalu menjaga kebersihan tubuh, baik ketika Anda belum terkena penyakit herpes atau sudah menderita.


2. Gunakan lidah buaya


Terapi non farmakologi penyakit herpes selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan lidah buaya.
Konsultasikan ke dokter spesialis Kulit dan Kelamin mengenai keluhan Anda


Bahan tradisional ini mengandung gel yang bersifat pendingin, dimana gel inilah yang mampu mengurangi sensasi terbakar, perih atau nyeri pada bagian kulit yang mengalami dompo atau herpes

Cara mengobati penyakit herpes/dompo dengan lidah buaya:

  1. Pertama siapkan satu helai lidah buaya dan minyak zaitun secukupnya saja.
  2. Ambil gel yang berada di dalam di dalam lidah buaya dengan cara mematahkannya.
  3. Kemudian haluskan gel tersebut dan campur dengan minyak zaitun secukupnya saja.
  4. Setelah tercampur secara merata, oleskan campuran tersebut ke area kulit yang mengalami dompo atau herpes, tidak perlu digosok.
  5. Karena hal tersebut justru akan membuat kulit terluka, cukup dibubuhkan saja.
  6. Jika sudah tercampur secara merata, diamkan gel lidah buaya tersebut meresap di dalam kulit selama 30 menit atau hingga mengering.
  7. Tahap terakhir gunakan air hangat untuk mencuci/membilas sampai benar benar bersih lidah buaya tersebut.

Itulah terapi non famakologi penyakit herpes atau dompo.

Lakukan secara rutin setiap harinya sampai gejala tersebut menghilang, semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel