Terapi Non Farmakologi Penyakit Kusta

Terapi non farmakologi Penyakit Kusta


Sobat terapi, penyakit kusta atau lepra merupakan sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan karena serangan bakteri yang bernama mycrobacterium leprae.

Bakteri ini menyerang pada bagian anggota tubuh penderita, mulai dari tangan, kaki, kulit badan dan lain sebagainya.

Memang gejala awalnya hanya gatal-gatal dan timbul bercak merah.

Akan tetapi jika penyakit kusta ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka bakteri tersebut akan menggerogoti bagian organ yang dimiliki oleh penderita.


Bahkan bisa menyebabkan penderita kehilangan organ tubuhnya, terutama jika penyakit kusta menyerang pada bagian jari tangan dan kaki.


Terapi Non Farmakologi Penyakit Kusta


Penyakit kusta tidak hanya akan menyebabkan penderita kehilangan organ tubuhnya saja, akan tetapi penyakit kusta juga bisa menyebabkan gangguan sosial terhadap lingkungan.


Mengingat penyakit kusta ini bisa menular melalui kontak secara langsung pada penderita, baik itu melalui air ludah, napas dan lain sebagainya.

Tentunya dengan resiko penularan tersebut masyarakat di sekitarnya akan menjauhi penderita.

Untuk mengatasi penyakit kusta ini sendiri ada banyak sekali cara sebenarnya. Mulai dari konsumsi obat-obatan kimia, suntik senyawa semacam vaksin dan lain sebagainya.

Namun jika penyakit kusta Anda belum parah lebih baik terapkan terapi non farmakologi terlebih dahulu.

Tujuan dari dilakukannya terapi non farmakologi bukan untuk penyembuhan secara total, akan tetapi hanya bertujuan untuk mengurangi gejala-gejala yang muncul.

Lantas bagaimanakah terapi non farmakologi penyakit kusta?

Untuk menjawabnya silahkan simak ulasan berikut ini.


1. Jaga selalu kebersihan


Kebersihan sangatlah penting untuk selalu dijaga oleh penderita penyakit kusta, terlebih untuk kebersihan anggota tubuh yang memang terkena penyakit kusta.

Seperti selalu rajin mandi minimal 2 kali selama satu hari, mencuci tangan sebelum makan dan usahakan untuk menjaga kebersihan makanan yang akan Anda konsumsi.

Hindari makanan-makanan yang memang kurang higienis.


2. Lakukan olahraga secara rutin


Terapi non farmakologi penyakit kusta selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga ini sangatlah penting sekali bagi kesembuhan penyakit kusta yang sedang Anda derita,

Karena dengan melakukan olahraga bakteri kusta tidak akan mampu berkembang biak secara maksimal di dalam anggota tubuh Anda.

Olahraga yang dapat Anda lakukan misalnya jogging, senam, yoga dan masih banyak lagi.


3. Jaga selalu daya tahan tubuh


Daya tahan tubuh penderita penyakit kusta sangatlah penting untuk selalu dijaga, mengingat bakteri kusta akan sangat mudah sekali berkembang biak jika penderita mengalami daya tubuh yang lemah, seperti sering sakit demam, pilek dan segala macam.

Anda bisa menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi multivitamin, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Demikian diatas adalah tips mengenai terapi non farmakologi penyakit kusta/lepra, semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel