Terapi Non Farmakologi Penyakit Lepra

Terapi Non farmakologi Penyakit Lepra


Sobat terapi, penyakit lepra atau kusta merupakan sebuah nama penyakit yang kerap sekali menyerang penduduk atau masyarakat di Indonesia.

Penyakit lepra tidak hanya menyebabkan kehilangan anggota tubuh saja, akan tetapi juga dapat menyebabkan gangguan sosial, ekonomi dan budaya.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Lepra


Hal ini terjadi karena penderita penyakit lepra akan di isolasi dari kehidupan penduduk.

Mengingat penyakit satu ini sangat berbahaya dan bisa menular hanya melalui saluran pernapasan atau hembusan nafas si penderita.
Penyakit lepra bukan disebabkan karena keturunan atau takdir dari Tuhan.

Akan tetapi penyakit lepra disebabkan karena serangan mycrobacterium laprae yang dapat menular melalui kontak langsung. seperti air ludah, bersentuhan, bernapas dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi penyakit lepra ini sendiri ada banyak sekali cara, mulai dari pengobatan dengan konsumsi obat, suntik semacam vaksin dan lain sebagainya.

Jika penyakit lepra yang Anda derita sudah parah, maka tindakan medis akan sangat diperlukan, namun jika penyakit lepra Anda masih tergolong ringan, Anda dapat menerapkan terapi non farmakologi.

Terapi non farmakologi adalah penanganan sebuah penyakit tanpa menggunakan obat-obatan apapun, sehingga akan sangat aman dan tanpa efek samping, lantas bagaimanakah terapi non farmakologi penyakit lepra itu?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Jaga selalu kebersihan anggota badan


Kebersihan sangatlah penting bagi perkembangan penyakit lepra yang Anda derita.

Terlebih untuk kebersihan anggota badan seperti jari tangan dan kaki, karena biasanya bakteri lepra akan menggerogoti bagian organ tersebut.


Nah, untuk mencegah bakteri tersebut berkembang biak dalam jumlah besar.

Anda harus selalu menjaga kebersihan anggota badan. seperti usahakan untuk mandi 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum makan dan lain sebagainya.

2. Tingkatkan daya tahan tubuh


Daya tahan tubuh penderita penyakit lepra biasanya menurun sangat drastis, dengan keadaan daya tahan yang menurun ini tentunya akan membuat bakteri lepra lebih mudah berkembang biak di dalam anggota tubuh Anda.

Oleh sebab itu usahakan untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa meningkatkan daya tahan dengan olahraga secara rutin, konsumsi multivitamin dan lain sebagainya.

3. Periksakan diri ke dokter secara rutin


Walaupun penyakit lepra yang sedang Anda derita masih tergolong baru atau stadium awal, akan tetapi sangat diperlukan juga pemeriksaan secara berkala ke dokter spesialis lepra atau ahlinya.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penyakit lepra Anda.

Jika penyakit tersebut mengalami perkembangan yang sangat buruk, maka Anda dapat melakukan tindakan medis dengan segera mungkin.

Mengingat penyakit lepra sangat berbahaya jika tidak dilakukan tindakan medis oleh para dokter dan ahlinya, maka saran kami untuk memeriksakan ke dokter setempat jika penyakit berlanjut.

Itulah beberapa penanganan tanpa obat atau terapi non farmakologi penyakit lepra/kusta, semoga informasi diatas dapat membantu Anda, terimakasih.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel