Nama Baru virus Novel Corona

Nama baru dan nama baku virus novel corona


Kesalahan Nama Virus Corona Yang Sudah Terlanjur Beredar


Ilmuwan baru-baru memberikan penamaan virus baru, hal demikian tentu membuat beberapa orang awam kesulitan dalam penyebutan virus baru itu.

Beberapa ilmuwan menurut BBC memberikan informasi bahwa masyarakat awam telah mendengar nama virus itu dengan nama virus Corona sehingga nama virus Corona populer di tengah masyarakat.

Sayangnya ilmuwan yang bergerak dalam bidang virus dan kesehatan memberikan nama awal bahwa Corona dengan nama Novel atau bahasa medis yaitu New (baru) sedangkan Corona adalah kelompok virus dengan singkatan CoV.

Nama Novel bukan nama pengarang cerita melainkan nama baru dari suatu virus yang bernama Novel Corona.

Beberapa masyarakat ada yang menyebut virus China dan hal tersebut tidak diakui oleh ilmuwan dalam laporan BBC:"Masyarakat banyak yang menyebut Virus baru penyebab kluster pneumonia dengan nama lain, penamaan virus baru seringkali tertunda dan yang paling utama bukan nama virus melainkan respon langsung kepada kesehatan masyarakat yang mudah dimengerti". Kata Crystal Watson Pusat Kesehatan dan Keamanan Johns Hopkins.

Sedangkan masyarakat lainnya ada yang menyebut nama virus CoV dengan nama Virus Wuhan hal ini ditentang bukan nama virus, hal ini harap dimengerti bahwa penamaan virus itu bukan sembarangan dan ada aturan baku penamaan Virus Internasional dan diakui para pakar saintis.

Namun karena penamaan yang salah telah beredar pesat di masyarakat maka para saintis atau ilmuwan virus akan merevisi nama virus baru itu.

Penamaan Baku Virus Corona

Komite Internasional Taksonomi Virus (ICTV) memberikan informasi penting bahwa penamaan virus Corona yang benar telah di bakukan agar tidak terjadi kesalahan penamaan yang telah beredar di masyarakat.

Sehingga masyarakat awam tidak boleh menyebut virus Corona dengan nama lain karena bisa mengakibatkan kerancuan dan sensitif pada masyarakat tertentu di China terutama kota Wuhan.

Penamaan virus itu adalah huruf "n" merujuk pada novel atau new artinya baru. Huruf "CoV" merujuk pada kelompok nama virus, artinya virus Corona.

Profesor ahli virus (virologi) akan memasukkan nama virus baru itu ke jurnal ilmiah agar kedepannya tidak ada kesalahan dalam ucapan dan mengartikan virus dengan nama lain.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel