Terapi non farmakologi penyakit ambeien

Terapi non farmakologi penyakit ambien


Penyakit ambeien merupakan penyakit yang terdapat pada lubang anus.

Penyakit ini timbul karena terjadinya pelebaran pembuluh darah pada area anus, sehingga mengakibatkan terbentuknya suatu pembengkakan atau tonjolan.

Tonjolan inilah yang mengakibatkan rasa sakit ketika buang air besar.

Biasanya penyakit ambeien ini diderita oleh seseorang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, namun tidak menutup kemungkinan siapapun juga bisa terkena penyakit ini.

Untuk mengatasi penyakit ambeien ada banyak sekali seperti operasi dan menggunakan berbagai obat-obatan.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Ambeien


Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah tanpa harus operasi dan memebeli obat dengan biaya yang mahal yakni dengan terapi non farmakologi.

Terapi non farmakologi untuk penyakit ambeien ini dapat kita lakukan dengan cara melakukan beberapa kegiatan kecil untuk mengurangi atau menyembuhkan penyakit ini.


Berikut terapi non farmakologi penyakit ambeien:

1. Gunakan gel lidah buaya


Terapi non farmakologi untuk penyakit ambeien yang pertama adalah menggunakan gel lidah buaya.

Bahan alami ini mempunyai kemampuan untuk mengurangi peradangan pada tonjolan penyakit ambeien.

Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri, oleskan gel lidah buaya setiap kali Anda sehabis buang air besar secara merata ke area tonjolan ambeien.

Maka rasa nyeri tersebut akan menghilang dengan sendirinya.


2. Rutin membersihkan daerah dubur


Kebersihan sangat penting untuk daerah anus atau dubur, karena daerah tersebut merupakan daerah lembab sehingga pada daerah tersebut kuman dan bakteri dapat berkembang dengan pesat.

Rutin membersihkan daerah dubur Anda terutama sehabis buang air bersih.

Tidak perlu menggunakan sabun karena hal tersebut akan membuat iritasi pada ambeien Anda, cukup gunakan tisu yang lembut seperti tisu bayi untuk membersihkannya.


3. Menggunakan air hangat


Untuk mengurangi rasa nyeri terhadap peradangan tonjolan ambeien gunakan air hangat, Anda bisa duduk diatas air hangat (sitz bath) selama tiga atau empat kali sehari dalam satu hari.

Atau Anda juga bisa menggunakan kantong yang berisi air hangat untuk dikompresikan ke area ambeien Anda selama 10-25 menit sehari.


4. Kurangi sembelit


Terapi non farmakologi penyakit ambeien yang terakhir adalah dengan mengurangi sembelit saat buang air besar.

Sembelit merupakan sebuah keadaan dimana feses akan sangat sulit keluar sehingga pada penderita ambeien jika mengalami sembelit ini akan sangat menyakitkan.

Agar Anda tidak mengalami sembelit maka perbanyak makanan yang berserat seperti buah, sayur dan biji-bijian setiap harinya, selain itu perbanyak minum air mineral seperti air putih.
Karena penyakit ambeien ini merupakan penyakit yang sangat menyakitkan maka dari itu mulai sekarang Anda harus segera mengatasinya.

Salah satu cara tepat untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan terapi non farmakologi penyakit ambeien seperti yang telah saya sampaikan diatas.

Selain itu terapi non farmakologi diatas akan berhasil jika Anda juga menghindari beberapa makanan yang menjadi penyebab timbulnya ambeien.

Dengan seperti itu maka terapi non farmakologi penyakit ambeien diatas dapat berjalan dengan baik dan benar.
Konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam dalam mengatasi keluhan Anda


Semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel