Terapi non farmakologi penyakit gagal ginjal kronik

Terapi non farmakologi Penyakit gagal ginjal kronik

Penyakit gagal ginjal kronik – Gagal ginjal merupakan sesuatu keadaan dinama glomerulus tidak mampu menyaring atau filtrasi darah dengan baik pada nefron ginjal tersebut.

Maka dari itu banyak penderita yang melakukan cuci darah untuk membersihkan darah dari kandungan racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh penderita itu sendiri.

Selain itu gagal ginjal kronik juga dapat kita atasi dengan melakukan cangkok ginjal terhadap seseorang yang telah mati.

Akan tetapi kedua solusi tersebut belum menemukan titik cerah kesembuhan.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Gagal Ginjal Kronik


Cara mengatasi penyakit gagal ginjal kronik sendiri ada banyak namun sudah saya simpulkan cara yang aman dan mudah untuk kita lakukan yakni dengan terapi non farmakologi atau perawatan tanpa menggunakan obat.

Apakah itu berguna ?
Untuk mengetahuinya simak terapi non farmakologi penyakit gagal ginjal kronik berikut.

1. Menghindarkan makanan purin tinggi


Salah satu penyebab gagal ginjal kronik adalah senyawa purin atau sering kita kenal sebagai senyawa asam urat.

Makanan yang mengandung purin tinggi antara lain seperti makanan seafood, junkfood, makanan asin dan jerohan.

Makanan berpurin tinggi akan meyebabkan pengumpalan purin pada ginjal sehingga glomerulus tidak akan mampu menyaring kotoran atau racun dalam darah.

Dengan mengurangi makanan yang mengandung purin tinggi tersebut maka darah akan bersih dari kotoran atau racun, sehingga membantu kerja glomerulus yang sudah tidak maksimal lagi.


2. Konsumsi banyak air mineral


Air putih atau air mineral sangat berguna untuk melarutkan kotoran yang terdapat pada ginjal sehingga fungsi ginjal dapat berjalan dengan mudah dalam melakukan penyaringan.

Hal ini terjadi ketika kita banyak minum air putih maka cairan racun yang terdapat dalam darah akan bersifat encer sehingga glomerulus mampu memfiltrasi racun tersebut dengan baik.

Lain halnya bila kita jarang minum air putih, maka kandungan racun yang terdapat pada darah akan bersifat pekat sehingga glomerulus akan sulit untuk memfiltrat zat racun tersebut.

Dengan mengkonsumsi air putih secara rutin minimal 8 gelas sehari maka racun yang terdapat pada darah akan mampu disaring atau filtrasi oleh glomerulus dengan baik.


3. Rutin olahraga


Kandungan racun dalam darah selain dikeluarkan lewat ginjal, racun tersebut juga dikeluarkan lewat keringat.


Jadi akan sangat penting apabila penderita penyakit gagal ginjal kronik untuk secara rutin mengeluarkan keringat mereka.

Salah satu cara mudah dalam mengeluarkan keringat adalah dengan berolahraga.

Olahraga tidak perlu mengangkat beban berlebih akan tetapi cukup melakukan yoga atau jogging setiap pagi hari selama 30 menit.

Maka keringat akan keluar dengan sendirinya sambil membawa racun, sehingga hal ini dapat membantu glomerulus dalam menyaring zat berbahaya seperti racun dari tubuh.

Jika penyakit gagal ginjal kronik ini dibiarkan begitu saja akan menyebabkan jiwa penderita menjadi terancam, namun berbeda apabila penderita menerapkan terapi non farmakologi diatas.

Dengan melakukan terapi non farmakologi penyakit gagal ginjal kronik diatas maka gejala buruk yang mungkin akan ditimbulkan dapat di kurangi.

Sehingga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel