Terapi non farmakologi penyakit liver

Terapi non farmakologi Penyakit liver


Penyakit liver – Liver atau hati merupakan organ yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Karena liver merupakan organ yang membantu proses metabolisme dan juga menjadi antibodi untuk kekebalan tubuh dari penyakit.

Jika sel yang terdapat pada liver rusak maka tubuh tidak akan mampu menangkal semua penyakit yang berpotensi menyerang bagian tubuh.

Sehingga jika seseorang terkena penyakit liver ini akan sangat berbahaya.

Penyakit liver disebabkan oleh virus parasit berupa virus hepatitis A ataupun virus hepatitis B, selain itu bisa juga disebabkan oleh amuba disentri, malaria, cacing dan toxoplasma.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Liver


Untuk mengatasi penyakit liver ini sendiri saya sarankan Anda mengatasinya tanpa menggunakan obat atau sering disebut terapi non farmakologi.

Hal ini bertujuan agar kesembuhan dapat berlangsung secara lama dan tidak kambuh lagi.

Berbeda jika Anda menggunakan obat, penggunaan obat memang dapat menyembuhkan penyakit liver dengan cepat akan tetapi obat tersebut hanya memberikan kesembuhan semu.


Maka dari itu jika Anda menginginkan penyakit liver Anda sembuh secara total lakukan terapi non farmakologi penyakit liver berikut ini.

1. Terapi non farmakologi penyakit liver dengan temulawak


Terapi tanpa obat yang pertama adalah menggunakan temulawak. Bahan alami ini mengandung senyawa curcumin yang mampu memperkuat sel-sel pada liver.

Selain itu temulawak juga mampu memperkuat daya tahan yang menurun pada penderita penyakit liver ini. caranya kupas temulawak sampai bersih dan tumbuk hingga halus.

Kemudian seduh dengan air hangat, minum selagi masih hangat.


2. Mengkonsumsi buah dan sayur


Akan sangat penting apabila proses penyembuhan penyakit liver diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik seperti vitamin A, B, C, D, mineral, magnesium dan masih banyak lagi.

Semua kandungan bermanfaat itu terdapat pada buah dan sayur.

Maka dari itu bila Anda menderita penyakit liver alangkah baiknya bila memperbanyak konsumsi buah dan sayur secara rutin,.

Akan tetapi ada buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit liver yakni buah nanas, durian dan nangka.


3. Konsumsi daun pegagan


Pegagan mengandung senyawa yang sangat penting untuk kesembuhan penyakit liver yakni glikosida.

Senyawa ini mempunyai khasiat anti lepra sehingga mampu menjadi hepaprotektor atau pelindung sel-sel hati dari kerusakan dan meregenerasi sel hati tersebut secara lebih cepat.

Jika regenerasi sel hati atau liver dilakukan dengan cepat melalui kandungan daun pegagan maka proses penyembuhan liver akan berjalan lebih cepat pula.


4. Konsumsi makanan amis


Terapi non farmakologi penyakit liver yang terakhir adalah dengan Anda mengkonsumsi makanan yang berbau amis, seperti daging, ikan laut, telur dan masih banyak lagi.

Dalam makanan amis mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk mengembalikan sel hati yang rusak menjadi sehat kembali.

Penyakit liver kadang selalu diabaikan oleh manusia, jika penyakit ini tidak diatasi dengan sesegera mungkin maka akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya yakni kematian mendadak.

Konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam dan unit hepatologi di rumah sakit terdekat untuk pengobatan leb ih lanjut


Hal ini terjadi karena hati atau liver menjadi rusak dan tidak berfungsi.

Dengan menggunakan terapi non farmakologi diatas maka penyakit liver tidak akan menjadi penyakit yang membahayakan pada diri Anda.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel