Terapi non farmakologi penyakit nefritis

Terapi non farmakologi Penyakit nefritis

Penyakit nefritis merupakan penyakit peradangan pada ginjal. Penyakit ini terjadi karena akibat dari virus atau bakteri yang menyerang pada bagian nefron ginjal kita.

Bakteri atau virus ini masuk melalui pernapasan dan terbawa oleh darah hingga ke ginjal, disini bakteri tersebut berkembang.

Efek yang ditimbulkan oleh penyakit nefritis ini sendiri adalah ginjal tidak mampu menyaring darah yang banyak mengandung zat bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah protein.

Selain itu bila penyakit ini dibiarkan akan mengakibatkan penyakit yang baru, yang sering dikenal dengan uremia.

Terapi Non Farmakologi Nefritis


Penyakit uremia ini terjadi karena ureum yang masuk kedalam darah melebihi batas normal. sehingga sangat membahayakan tubuh dan bisa mengakibatkan kematian.

Untuk mengatasi penyakit nefritis ini sendiri sebenarnya ada cara yang lumayan efektif, yakni dengan menggunakan cangkok ginjal atau donor ginjal.

Cangkok ginjal ini dilakukan dengan mengambil organ ginjal yang masih berfungsi dengan baik dari seseorang yang mau mendonorkan salah satu ginjalnya untuk Anda.

Akan tetapi sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya Anda menerapkan perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi terlebih dahulu.

Hal ini berguna agar penyakit nefritis yang Anda derita tidak semakin parah, berikut ini tips terapi non farmakologi penyakit nefritis.

1. Konsumsi banyak air putih


Pada dasarnya ginjal juga merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring air atau cairan yang masuk kedalam tubuh.

Ginjal akan menyaring air tersebut melalui glomerulus, didalam glomerulus itulah terdapat nefron ginjal, disini letak peradangan penyakit nefitis terjadi.

Akan sangat penting apabila penderita penyakit nefritis untuk secara rutin mengkonsumsi air putih atau air mineral.

Karena air tersebut akan membantu melarutkan semua bakteri atau virus yang menempel pada nefron ginjal tersebut.


2. Konsumsi makanan higienis


Makanan yang tidak higienis secara kebersihan akan menjadi pemicu tumbuh bakteri pada makanan tersebut.

Dan jika makanan tersebut tertelan atau di konsumsi oleh manusia terutama penderita penyakit nefritis akan menjadi senjata yang paling mematikan.

Karena kuman atau bakteri yang terdapat pada makanan yang tidak higienis tersebut dapat bersarang di organ-organ manusia terutama pada nefron ginjal.

Nah maka dari itu sangat penting apabila selalu mengkonsumsi makanan yang higienis baik secara kebersihan atau bahan yang digunakan.


3. Olahraga secara rutin


Perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi terakhir yang wajib untuk Anda lakukan adalah melakukan aktivitas olahraga.

Dengan kita mengeluarkan banyak keringat ketika berolahraga, maka metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan baik, begitu pula untuk penyaringan yang dilakukan oleh ginjal.

Oleh sebab itu olahraga akan sangat penting terutama bagi penderita penyakit nefritis.

Tidak perlu olahraga berat, cukup dengan melakukan jogging keliling kompleks atau jalan cepat minimal 30 menit sudah membantu metabolisme berjalan dengan baik.

Jika penyakit nefritis ini tidak segera kita atasi maka akan menimbulkan penyakit yang lebih mematikan lagi seperti diabetes, anuria, poliura, oliguria, albuminuria dan bahkan akan menyebabkan gagal ginjal.

Konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pengobatan lebih lanjut


Nah dengan melakukan terapi non farmakologi penyakit nefritis seperti yang sudah saya sampaikan diatas secara rutin, maka penyakit nefritis tersebut dapat dicegah sejak dini.

Semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel