Terapi non farmakologi penyakit rematik

Terapi non farmakologi Penyakit radang pada rematik

Penyakit Arthritis Jari Tangan – Penyakit persendian yang banyak diderita adalah rematik. Penyakit rematik ini merupakan penyakit persendian yang menyerang bagian pergelangan tangan, kaki dan berbagai macam sendi tubuh lainnya.

Gejala yang sering muncul jika seseorang terkena rematik adalah pembengkakan pada bagian sendi.

Pembengkakan tersebut terjadi karena perubahan secara hormonal pada tubuh dan sering mengenai persendian kecil seperti jari-jari tangan dan jari-jari kaki dan secara etiologi tidak diketahui.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Rematik


Untuk mengatasi penyakit rematik ini sendiri sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh, namun saya sarankan jika Anda terkena penyakit rematik ini untuk menggunakan perawatan tanpa obat atau sering dikenal dengan terapi non farmakologi.

Cara perawatan dengan terapi non farmakologi bisa menjadi solusi penanganan pertama sebelum Anda mengkonsumsi obat-obatan.

Berikut ini saya akan berbagi tips terapi non farmakologi penyakit rematik yang sangat mudah sekali untuk Anda lakukan.


1. Menghangatkan persendian setelah bangun tidur



Pasien rematik banyak dikeluhkan oleh ibu-ibu dan kaum wanita daripada kaum pria, dengan perbandingan 4:1, dimana penyakit rematik lebih kearah hormonal.

Sehingga secara onset penyakit tersebut berkembang menjadi nyeri yang sangat pada waktu setelah tidur atau menjelang subuh.

Sehingga pasien merasa kesakitan dan kaku pada jari-jari di persendiannya, oleh sebab itu Anda diwajibkan untuk menghangatkan persendian Anda dengan air panas.

Bisa juga Anda menggunakan lampu infra merah untuk menghangatkan persendian Anda kurang lebih 5-10 menit sampai nyeri berangsur pulih dan jari-jari tangan terbebas dari kaku.

2. Udara dingin



Pasien yang mengalami rematik harus menjauhkan diri dari udara dingin, dimana penyakit tersebut membuat jari-jari dan persendian menjadi kaku dan nyeri waktu dilakukan gerakan.

Udara dingin dari kulkas juga memicu naiknya nyeri sebab udara dingin mengakibatkan kaku di persendian Anda sehingga harus di jauhi.

Kasus arthritis banyak dikeluhkan oleh penduduk yang tinggal di daerah pegunungan dengan udara dingin dan air yang dingin daripada penduduk di daerah yang hangat dan panas.


3. Menghindari kelelahan



Penderita yang menderita artitis diwajibkan menghindari gerakan yang terlalu membebani jari-jari dan persendian mereka seperti menggunting benda dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi. agar terapi non farmakologi penyakit rematik diatas memberikan efek yang baik untuk kesehatan Anda.

Maka lakukanlah secara rutin dalam waktu 1 bulan.

Jika tidak ada perubahan mengenai penyakit rematik yang Anda derita, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis rematologi di rumah sakit terdekat Anda


Semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel