Terapi Non Farmakologi Penyakit Nyeri

Terapi Non Farmakologi Penyakit  Nyeri

Penyakit nyeri merupakan sebuah gangguan kesehatan yang membuat beberapa bagian tubuh terasa sakit seperti meradang.

Rasa sakit dari penyakit nyeri ini dapat muncul di beberapa bagian, terutama pada bagian tubuh yang sering bermasalah.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Nyeri

Penyakit nyeri ini sendiri bermacam-macam dan dibedakan menurut letak sakit nyeri itu sendiri, mulai dari penyakit nyeri sendi (asam urat) hingga penyakit nyeri otot.

Untuk mengatasi penyakit nyeri ini sendiri ada banyak sekali cara, seperti mengkonsumsi obat-obatan.

Namun mengkonsumsi obat hanyalah akan menimbulkan efek semu pada penyakit nyeri, jika obat tidak dikonsumsi maka akan timbul kembali.

Sebenarnya ada cara lain yang lebih aman dan efektif untuk menyembuhkan penyakit nyeri yang sedang Anda alami, yakni menggunakan perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi.

Cara ini diklaim sebagai solusi tepat untuk mengatasi penyakit nyeri, selain itu terapi non farmakologi penyakit nyeri ini juga sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Jika Anda menderita penyakit nyeri silahkan simak berikut ini.

1. Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Salah satu penyebab timbulnya penyakit nyeri adalah kekurangan vitamin D, vitamin ini sangat penting untuk menjalankan aktivitas organ yang berada didalam tubuh.

Sehingga jika kurang maka gangguan akan terjadi, seperti penyakit nyeri ini, maka dari itu akan sangat penting apabila Anda memperbanyak konsumsi vitamin D.

Hal ini untuk menyembuhkan penyakit nyeri yang sedang Anda derita. Vitamin D banyak terdapat pada ikan atau sinar matahari.

2. Menghirup Aroma Apel Hijau

Menurut penelitian aroma apel hijau mampu menenangkan seseorang yang sedang kegelisahan, selain itu aroma apel hijau juga mampu membuat rasa penyakit nyeri menjadi lebih baik, 

Terutama apabila nyeri tersebut berada di kepala, maka Anda dapat menghirup aroma dari apel hijau ini atau mengoleskannya secara merata kebagian yang terasa nyeri.

3. Bermeditasi

Efektivitas bermeditasi sudah banyak sekali dibuktikan oleh beberapa ahli penelitian, dengan bermeditasi maka seseorang yang mengalami rasa nyeri akan sembuh dengan sendirinya.

Hal ini terjadi karena meditasi dapat menekan beberapa bagian otak seperti anterior insula, anterior cingulate cortex dan orbitofrontal cortex untuk menjadi lebih rileks.

Karena ketiga bagian otak tersebut merupakan tempat dimana rasa nyeri dibagi kedalam beberapa bagian tubuh. Meditasi yang baik untuk penderita penyakit nyeri adalah minimal selama 1 jam.

4. Balneoterapy

Belneoterapy adalah sebuah terapi non farmakologi yang dilakukan dengan mandi menggunakan air hangat. 

Terapi ini sangat berguna untuk Anda yang sedang menderita penyakit nyeri, karena air hangat dapat membuat bagian tubuh yang terasa nyeri seperti otot atau tulang menjadi lebih rileks atau tenang.

Nah itulah beberapa terapi non farmakologi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit nyeri, agar mendapatkan kesembuhan yang lebih sempurna.

Lakukan terapi non farmakologi penyakit nyeri diatas secara rutin setiap harinya, semoga informasi diatas bisa membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel