Terapi Non Farmakologi Penyakit Vertigo

Terapi Non Farmakologi Penyakit Vertigo

Pernahkah sesekali Anda melihat objek di depan mata menjadi berputar-putar?
Dan bahkan dunia juga ikut berputar?

Jika Anda mengalami hal semacam itu, mungkin Anda sedang mengalami penyakit vertigo.

Penyakit ini memiliki gejala yang berbeda-beda untuk setiap orang yang mengalami, akan tetapi secara umum gejala yang sering muncul adalah dunia seakan berputar-putar didepan Anda. 

Hal ini terjadi karena ada gangguan diantara bagian saraf keseimbangan pada tulang siput telinga yang menuju ke bagian di otak kita. Jika sesi berputar tersebut semakin parah.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Vertigo


Maka akan menimbulkan Anda tidak bisa berjalan dengan normal, bahkan bisa menyebabkan pingsan secara mendadak.

Menggunakan bantuan dokter memang sangat cepat untuk mengatasi penyakit vertigo ini, akan tetapi jika Anda alergi akan obat sintetis pastinya akan merugikan tubuh Anda sendiri.

Nah solusi yang terbaik adalah melakukan perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi,

Perawatan ini dapat kita lakukan sendiri tanpa bantuan dokter atau orang ahli lainnya, karena pada dasarnya terapi non farmakologi hanyalah sebuah metode praktis untuk menyembuhkan penyakit vertigo yang sedang Anda derita.

Jika Anda mengalami penyakit vertigo dan ingin segera sembuh tanpa efek samping, silahkan lakukan terapi non farmakologi penyakit vertigo berikut ini dirumah.

1. Posisikan Badan Lebih Rendah Dari Kepala

Tulang siput yang berada di telinga pada penderita penyakit vertigo mengalami gangguan, hal ini akan menyebabkan seluruh saraf keseimbangan organ-organ tubuh mengalami gangguan.

Salah satunya adalah organ penglihatan (mata), nah agar gejala seperti sensasi berputar tidak terjadi, usahakan badan selalu lebih rendah dari kepala.

Hal ini berfungsi agar tulang siput tidak bergeser kearah bawah, sehingga hal ini dapat mengurangi gejala yang disebabkan oleh vertigo.

Selain itu Anda harus menghindari menunduk atau meletakkan kepala sejajar dengan badan.


2. Angkat Kepala atau Badan Secara Perlahan

Agar gangguan pada tulang siput tidak semakin parah, maka Anda harus pelan-pelan dalam menggerakkan kepala atau badan.

Karena jika Anda menggerakkan kepala atau badan secara mendadak akan membuat saraf keseimbangan mengalami gerakan badan yang sangat besar.

Sehingga menyebabkan sensasi berputar menjadi muncul, maka dari itu untuk menghindari hal ini Anda harus secara lembut memperlakukan kepala atau badan.

Seperti ketika bangun tidur jangan lantas langsung berdiri, melainkan duduk terlebih dahulu agar saraf keseimbangan siap.

3. Hindari Menundukkan Kepala

Selain menundukkan kepala, penderita penyakit vertigo juga tidak diperkenankan untuk menengadahkan kepala.

Karena hal tersebut akan memicu tulang siput menjadi terganggu dan menyebabkan rasa sakit kepala disertai dengan sensasi berputar seperti saat gejala vertigo kambuh.

Nah itulah beberapa perawatan tanpa obat penyakit vertigo (terapi non farmakologi). jika ingin memperoleh hasil yang lebih optimal dalam menyembuhkan penyakit vertigo.

Maka Anda harus secara rutin menerapkan terapi non farmakologi penyakit vertigo diatas, namun jika dalam jangka waktu 1 bulan masih sering timbul gejala vertigo seperti berputar.

Saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit, semoga informasi diatas membantu Anda terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel