Terapi non farmakologi penyakit tipes

Terapi non farmakologi Penyakit tipes

Penyakit tipes – Tifoid fever atau sering dikenal dengan istilah penyakit tipes adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena virus Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C.

Virus ini banyak terdapat pada usus halus penderita penyakit tipes. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja. untuk mengetahui seseorang terkena penyakit tipes kita bisa melihat gejala yang muncul.

Seperti demam selama 7 hari, lidah berwarna merah, mencret atau diare berkepanjangan, lemas, muntah, mual, wajah pucat dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja dampak buruk yang akan dialami oleh penderita tipes ini.

Melainkan virus yang terdapat pada usus halus jika tidak segera dimusnahkan akan menyebabkan pendarahan usus, hal ini terjadi karena virus Salmonella paratyphi menggerogoti usus sehingga usus halus berlubang.

Mengingat penyakit tipes ini sangatlah berbahaya, maka dari itu kita harus segera mengatasinya.

Salah satu solusi tepat untuk mengatasi penyakit tipes adalah dengan melakukan terapi non farmakologi (perawatan tanpa obat).

Cara menyembuhkan penyakit tipes ini saya pilih karena selain tidak berbahaya karena tanpa obat, terapi non farmakologi ini juga sangat mudah untuk dilakukan oleh penderita.

Sehingga bisa menjadi cara praktis menyembuhkan penyakit tipes. Berikut ini terapi non farmakologi penyakit tipes.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Tipes


Terapi non farmakologi merupakan cara penanganan penyakit tanpa menggunakan obat, seperti kita bisa melakukan penanganan terhadap penderita penyakit tipes menggunakan terapi non farmakologi ini.

Untuk melakukan terapi non farmakologi penyakit tipes kita dapat melakukannya seperti berikut.

Menjaga kebersihan


Bagi penderita penyakit tipes sangat diperlukan kebersihan yang terjaga baik kebersihan lingkungan atau kebersihan dalam dirinya.

Hal ini untuk antisipasi penyebaran virus tipes yang semakin banyak dan berkembang.

Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan cara selalu mandi minimal 2 kali sehari, membersihkan tempat tidur, tempat buang air kecil dan masih banyak lagi.


Menjaga pola makan


Hal yang memperburuk penyakit tipes adalah pola makan yang salah, seorang penderita tipes tidak boleh memperbanyak makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat seperti diantaranya makanan yang tinggi karbohidrat:

Beras ketan, beras tumbuk/merah, roti whole wheat (gandum), jagung, ubi, singkong, talas, dodol dan kue-kue lain yang memiliki rasa manis dan gurih.

Selain itu makanan yang tinggi akan lemak seperti diantaranya: jerohan, hati, otak ayam dan masih banyak lagi. lebih baik penderita menghindari makanan-makanan tersebut terlebih dahulu.

Banyak istirahat


Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil pada penderita penyakit tipes akan sangat baik bila memperbanyak istirahat, apalagi jika kondisi tubuh sedang stres berat.

Selain itu beristirahat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga peredaran darah menjadi lancar dan tubuh menjadi sehat kembali.

Memperbanyak minum air putihAir putih sangat penting bagi penderita penyakit tipes, air putih akan membantu menjaga kekebalan tubuh dari berbagai serangan virus lain yang dapat memperburuk penyakit tipes ini.

Selain itu dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral secara rutin 8 gelas setiap hari juga akan membantu untuk melarutkan virus tipes yang terdapat pada usus halus penderita.
Jika keluhan Anda tidak kunjung sembuh maka hubungi unit gawat darurat di Puskesmas dan Rumah sakit terdekat

Dengan melakukan serangkaian terapi non farmakologi yang telah saya sampaikan secara rutin setiap hari maka dampak negatif yang mungkin bisa muncul pada penderita penyakit tipes akan berkurang.

Selain itu apabila dilakukan secara konsisten dan penuh niat didalam hati terapi non farmakologi penyakit tipes ini akan mampu membuat penyakit tersebut menjadi hilang atau sembuh secara total.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel