Terapi non farmakologi penyakit tukak lambung

Terapi non farmakologi Penyakit tukak lambung


Tukak Lambung – Tukak lambung merupakan sebuah luka pada bagian lambung atau usus (tukak usus).

Luka yang terbentuk ini menyebabkan rasa perih dan nyeri pada perut penderita. Penyebab utama dari tukak lambung ini adalah bakteri yang bernama Helicobacter pylori.


Tanda dan Gejala Penyakit Tukak Lambung


Selain itu penyebab yang lain adalah karena mengkonsumsi obat-obatan yang mempunyai dosis tinggi seperti obat anti peradangan atau non steroid.

Seseorang yang terkena tukak lambung paling banyak terjadi karena bakteri Helicobacter.

Bakteri ini banyak berkembang di minuman atau makanan yang kurang higienis, kemudian makanan yang mengandung bakteri tersebut dimakan oleh manusia sehingga bakteri berkembang baik dalam lambung.

Walaupun lambung mempunyai pertahanan atau kekebalan terhadap bakteri seperti dengan mengeluarkan asam lambung.

Akan tetapi bakteri Helicobacter ini mempunyai sifat yang tahan terhadap asam pada lambung atau HCl.

Pada umumnya bakteri Helicobacter ini masuk kedalam perut manusia sejak anak-anak dan mulai menyerang setelah puluhan tahun kemudian.

Adapun beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi bahwa seseorang mengalami penyakit tukak lambung ini antara lain sebagai berikut:

  1. Timbulnya rasa terbakar, nyeri dan panas pada bagian perut, hal ini terutama terjadi ketika perut dalam keadaan kosong ketika menjelang waktu makan antara makan siang dan makan malam
  2. Setelah makan perut terasa nyeri dan perih, hal ini terjadi karena makanan menyentuh luka pada lambung
  3. Biasanya nyeri sehabis makan ini berlangsung selama 30-60 menit, akan tetapi bila parah maka akan berlangsung selama makanan tersebut diproses yakni sekitar 4 jam
  4. Rasa kembung dan sering bersendawa
  5. Terjadinya rasa mual seperti gejala masuk angin dan bahkan bisa muntah

Untuk mengatasi penyakit tukak lambung ini ada banyak sekali cara seperti menggunakan obat-obatan atau suplemen.

Namun saya sarankan sebelum Anda menggunakan obat untuk mengatasi penyakit ini Anda gunakan terapi tanpa obat atau sering disebut dengan terapi non farmakologi.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Tukak Lambung


Terapi ini sangat mudah untuk dilakukan selain mudah terapi non farmakologi ini juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, berikut terapi non farmakologi penyakit tukak lambung.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan tukak lambung melalui terapi non farmakologi sebagai berikut ini.

Makan secara teratur


Perut dalam keadaan kosong akan menimbulkan rasa nyeri akibat dari luka lambung, sehingga makanlah secara teratur, walaupun dalam keadaan malas makan dan pekerjaan menumpuk.

Usahakan untuk selalu memakan camilan seperti snack, roti mari dan makanan ringan lainnya, hal ini berguna agar perut selalu terisi dan rasa nyeri karena penyakit tukak lambung tidak kambuh lagi.


Hindari makanan pedas, berbumbu tajam dan berlemak



Agar produksi asam lambung tidak meningkat maka hindari makanan yang terlalu pedas, berbumbu tajam dan berlemak, misalkan sambal cabe rawit, junkfood, seafood dan masih banyak lagi.

Karena jika HCl atau asam lambung naik maka akan menyebabkan munculnya rasa nyeri.


Hindari makanan yang susah dicerna


Lambung akan bekerja secara keras apabila seseorang mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti ayam bakar, gorengan, makanan yang keras dan masih banyak lagi.

Jika lambung sudah mengalami luka (tukak lambung) dan mengolah makanan tersebut maka akan menimbulkan rasa nyeri menjadi muncul, karena dinding lambung yang terluka berkontraksi dengan kekuatan penuh untuk mencerna makanan tersebut.

Hindari stres


Selain makanan pedas memicu produksi asam lambung, stres yang sedang penderita alami juga akan menyebabkan produksi asam lambung (HCl) menjadi berlebih.

Sehingga rasa nyeri akan kambuh, oleh sebab itu para penderita tukak lambung diharapkan untuk menjaga rohani atau pikiran mereka agar selalu ceria dan santai.

Caranya adalah refreshing ke tempat pariwisata atau menyepi ke tempat sunyi dan lain sebagainya.

Dengan melakukan terapi non farmakologi diatas secara rutin setiap hari, penyakit tukak lambung yang sedang Anda derita akan sembuh dengan sendirinya.

Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli obat-obatan mahal penyakit tukak lambung ini.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel