Terapi Non Farmakologi Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1

Terapi Non Farmakologi Penyakit  Diabetes Melitus Tipe 1


Diabetes melitus adalah sebuah penyakit yang sering menyebabkan munculnya beberapa penyakit lain sehingga terjadi komplikasi yang berujung pada kematian.

Penyakit diabetes melitus dapat diderita oleh siapa siapa saja tanpa pandang umur atau jenis kelamin.

Penyakit diabetes melitus terjadi karena banyak faktor antara lain faktor lingkungan dan faktor keturunan atau genetik.

Menurut faktor penyebab, penyakit diabetes ini dibagi menjadi 2 macam, yakni penyakit diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2.

Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas penyakit diabetes melitus.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1



Penyakit diabetes melitus tipe 1 disebabkan karena faktor kekebalan tubuh yang berlebihan, jika kekebalan tubuh atau imun ini berlebihan.

Maka justru akan menyerang hormon insulin. Hormon insulin merupakan hormon yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

Jika hormon ini diserang, maka kadar gula dalam darah akan meningkat drastis, yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh ini berlebihan adalah karena faktor genetik dan virus.

Nah maka dari itu dikalangan masyarakat awam menyebut penyakit diabetes melitus ini sebagai penyakit gula.

Untuk mengatasi penyakit diabetes melitus tipe 1 ini sendiri sebenarnya bisa dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan atau terapi non farmakologi.

Namun untuk kesembuhan setiap penderita berbeda-beda tergantung dari tingkat parahnya penyakit yang diderita.

Tapi apabila perawatan tanpa obat tidak berhasil Anda dapat pergi ke dokter untuk berkonsultasi penanganan yang terbaik.


1. Menghindari Makanan Pembentuk Antibodi atau Kekebalan


Pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 sistem antibodi atau kekebalan meningkat secara drastis sehingga menyebabkan hormon insulin menjadi menurun.

Nah untuk mengatasi akan hal ini Anda harus menghindari makanan yang dapat memicu munculnya antibodi tubuh secara berlebih, seperti produk olahan susu: susu sapi, yoghurt, keju, ice krim dan masih banyak lagi.

Dengan menghindari makanan pembentuk antibodi tersebut maka kadar imun berlebih dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 dapat ditekan atau dikurangi.


2. Mempertahankan Berat Badan Sehat


Kelebihan berat badan juga akan memperburuk keadaan penderita penyakit diabetes melitus tipe 1.

Hal ini terjadi karena pada seseorang yang mengalami obesitas, kadar gula dalam darah semakin meningkat dari kisaran normal.

Oleh karena itu apabila Anda menderita penyakit diabetes melitus tipe 1 akan sangat penting untuk selalu menjaga berat badan sehat dan ideal.


3. Kurangi Konsumsi Gula


Makanan yang dapat membuat penderita diabetes melitus menjadi semakin buruk adalah makanan yang banyak mengandung zat pemanis buatan.

Karena pada dasarnya penyakit ini merupakan sebuah gangguan kesehatan dimana kadar gula meningkat, sehingga jika penderita masih banyak mengkonsumsi gula.

Maka akan membuat penyakit semakin parah.


4. Berolahraga rutin


Untuk mengatur kadar gula dalam darah, sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes melitus tipe 1 untuk selalu melakukan olahraga secara rutin.

Karena ketika kita melakukan olahraga secara rutin, kolesterol penyebab kadar gula dalam darah dapat dibakar, sehingga penyakit diabetes melitus tipe 1 akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Nah itulah beberapa penanganan penyakit diabetes melitus tipe 1 melalui terapi non farmakologi, namun apabila dalam jangka waktu 3 bulan belum ada perubahan.

Konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis jantung untuk pengobatan lebih lanjut


Lebih baik Anda pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.
Semoga informasi diatas bisa membantu Anda terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel