Terapi Non Farmakologi Penyakit Gagal Jantung

Terapi Non Farmakologi Penyakit gagal jantung


Salah satu penyakit berbahaya di dunia ini yang banyak menimbulkan kematian secara mendadak adalah penyakit gagal jantung.

Jika Anda di diagnosa terkena penyakit gagal jantung, pasti semua pikiran akan berkecamuk menjadi satu.

Terapi Non Farmakologi pada Gagal Jantung


Hal tersebut memang sangat wajar karena sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi penyakit gagal jantung ini.

Namun sebenarnya ada cara perawatan tanpa obat atau terapi non farmakologi untuk mengatasi penyakit jantung ini.

Terapi non farmakologi penyakit gagal jantung hanya dilakukan untuk mengurangi intensitas kambuh dari penyakit gagal jantung ini sendiri, bukan untuk mengobati agar sembuh secara total.

1. Diet dan Olahraga


Menurut penelitian di sebuah Universitas di Inggris, seseorang yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas, mereka akan lebih mudah terkena penyakit gagal jantung ini.

Hal tersebut memang sangat benar, karena pada seseorang yang mengalami obesitas, mereka lebih banyak menyimpan kolesterol yang mampu memicu gagal jantung.

Jika Anda saat ini terkena penyakit gagal jantung, akan lebih baik apabila Anda selalu melakukan diet sehat atau olahraga secara rutin.

Agar lemak atau kolesterol dalam tubuh dapat terbakar secara sempurna.

2. Stop Rokok


Dari bermacam-macam kebiasaan buruk seseorang terutama pada kaum laki-laki yaitu salah satunya kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penyakit gagal jantung menjadi kambuh adalah merokok.

Namun tidak menutup kemungkinan pula pada wanita, hal tersebut terjadi karena zat kandungan seperti asap dan bahan kimia dapat membuat jantung menjadi mengalami gerakan dan komplikasi secara berlebih.

Sehingga akan sangat berbahaya apabila penderita penyakit gagal jantung masih merokok hingga sekarang.

3. Batasi Masuknya Cairan


Air pada dasarnya sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat, akan tetapi tidak untuk penderita penyakit gagal jantung.

Karena cairan yang terlalu banyak pada penderita gagal jantung akan mengakibatkan rusaknya sel yang terdapat pada jantung.

Sehingga cairan tersebut akan mengendap dalam jantung dan menimbulkan sebuah komplikasi yang sangat membahayakan penderita.


4. Mengunjungi Dokter atau Rumah Sakit Secara Rutin


Terapi non farmakologi penyakit gagal jantung yang terakhir adalah dengan rutin mengunjungi dokter untuk berkonsultasi akan penyakit yang Anda derita tersebut.

Dengan begitu Anda akan selalu mengetahui perkembangan penyakit gagal jantung yang Anda derita.

Jika penyakit tersebut semakin parah Anda dapat melakukan pengobatan secara lebih dini jika sebelumnya telah mengetahuinya.

Nah itulah terapi non farmakologi atau perawatan tanpa obat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak komplikasi pada penyakit gagal jantung.

Agar mendapatkan hasil maksimal dari terapi non farmakologi penyakit gagal jantung, alangkah lebih baiknya apabila dilakukan secara rutin.

Konsultasikan dengan dokter spesialis jantung perihal keluhan Anda


Demikian terapi non farmakologi penyakit gagal jantung, semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel