Terapi Non Farmakologi Penyakit Disentri

Terapi Non Farmakologi Penyakit Disentri

Sobat terapi, penyakit disentri adalah sebuah gangguan kesehatan dimana telah terjadi peradangan pada bagian usus besar, peradangan ini disebabkan karena berbagai macam faktor.

Seperti makanan, obat-obatan kimia, bakteri dan masih banyak lagi. oleh sebab itu jika ingin terhindar dari penyakit disentri akan sangat baik apabila menjaga makanan yang dikonsumsi setiap harinya.


Terapi Non Farmakologi Penyakit Disentri



Biasanya seseorang yang sudah terkena penyakit disentri, maka dia akan merasakan perut mules seperti gejala yang terjadi pada diare.

Akan tetapi disertai dengan buang air besar yang sangat sakit dan bahkan bisa menimbulkan pendarahan.

Nah bagi Anda yang sudah terkena penyakit disentri, Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada banyak sekali pengobatan penyakit disentri yang bisa dilakukan.

Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit satu ini, karena jika tidak cocok malah akan membuat peradangan semakin parah.

Solusi yang tepat untuk mengobati penyakit disentri adalah dengan melakukan perawatan tanpa obat atau yang sering dikenal dalam dunia kesehatan sebagai terapi non farmakologi.

Berikut terapi non farmakologi penyakit disentri yang bisa Anda lakukan.


1. Perbanyak minum air putih


Air putih dalam tubuh sangat berguna untuk mendetok atau mengeluarkan racun, bakteri atau kuman, sehingga air putih sangat efektif untuk mengatasi penyakit disentri.

Oleh sebab itu jika Anda mengalami penyakit disentri, maka konsumsi air putih sebanyak mungkin, semakin banyak Anda mengkonsumsi air putih akan semakin baik.


2. Hindari makanan manis dan pedas


Makanan yang memiliki gula tinggi seperti yang terdapat pada makanan manis sangat tidak baik bagi kesehatan usus besar.

Terutama jika bagian organ tersebut sedang mengalami peradangan seperti pada penderita penyakit disentri.

Selain makanan manis, hindari pula makanan yang memiliki rasa pedas.

Makanan yang memiliki rasa pedas akan membuat usus besar menjadi terluka dan bahkan bisa mengakibatkan pendarahan akut atau kronis.


3. Konsumsi makanan berserat


Sudah tidak asing lagi makanan berserat sangat efektif untuk merawat dan menjaga kesehatan pencernaan, seperti yang terdapat pada usus besar.

Maka dari itu jika Anda mengalami peradangan usus atau penyakit disentri, akan sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat.

Misalkan buah, sayur dan masih banyak lagi.


4. Hindari alkohol


Alkohol merupakan musuh terbesar terhadap penyakit disentri, karena alkohol mampu membuat komplikasi menjadi muncul pada peradangan usus.

Dan bahkan alkohol juga dapat membuat kanker usus.

Oleh sebab itu jika Anda mengalami penyakit disentri, lebih baik hindari alkohol sejak sedini mungkin saat pertama kali tubuh Anda merasakan gejala penyakit disentri.

Selain alkohol hindari pula kopi, coklat, kapucino dan rokok.
Coba kunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk keluhan keparahan Anda


Karena pada dasarnya konsumsi hal semacam itu sangat tidak baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Se,oga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel