Terapi Non Farmakologi Penyakit Batu Empedu

Non Farmakologi Penyakit  Batu Empedu


Penyakit batu empedu merupakan kondisi dimana dalam kantung empedu terdapat sebuah endapan yang hampir mirip dengan batu.

Sebenarnya setiap orang memiliki batu empedu, namun yang membedakan adalah bentuk dan besarnya, jika batu empedu tersebut besar, maka akan mengakibatkan sebuah sumbatan.

Sumbatan inilah yang disebut dengan batu empedu.

Biasanya untuk mengobati batu empedu dilakukan dengan operasi pembedahan, laser, radiasi dan masih banyak lagi.

Akan tetapi sebelum Anda melakukan operasi atau yang lainnya, lebih baik lakukan tanpa operasi atau tanpa obat (terapi non farmakologi).

Terapi Non Farmakologi Penyakit Batu Empedu



Terapi non farmakologi penyakit batu empedu dinilai sangat tepat untuk melakukan pertolongan pertama terhadap pasien yang menderita batu empedu.

Kemungkinan untuk sembuh dari terapi non farmakologi ini juga lumayan besar, tidak kalah dengan operasi atau pengobatan medis lainnya.

Selain itu dengan melakukan terapi non farmakologi penyakit batu ginjal, maka Anda tidak akan mendapatkan efek samping.

Salah satu penanganan penyakit batu empedu tanpa obat adalah dengan menggunakan cuka apel, cara ini tidak banyak dilakukan oleh para penderita.

Sehingga tidak banyak yang tahu akan cara tersebut. karena menurut penelitian cuka sari apel mengandung berbagai macam khasiat untuk tubuh.

Diantaranya mampu mendetoksi racun atau endapan kotoran yang terdapat dalam tubuh, salah satunya adalah endapan batu empedu.

Tata cara terapi non farmakologi penyakit batu empedu dengan cuka sari apel sangatlah mudah sekali, silahkan simak ulasan berikut.

1. Siapkan cuka sari apel



Cuka apel sebanyak 4 gelas. kemudian konsumsi cuka sari apel tersebut setiap harinya sebanyak 4 gelas (lebih banyak lebih baik).

Jika tidak ada Anda bisa mengkonsumsi apel secara langsung, tergantung dari selera Anda. namun jika mengkonsumsi apel secara langsung lebih baik minimal sebanyak 5 buah setiap harinya.

Lakukan perawatan tersebut selama 5 hari berturut-turut, pada masa perawatan ini Anda diperbolehkan untuk makan seperti biasanya.


2. Lakukan terapi non farmakologi selama 7 hari



Pada hari ke-enam, jangan Anda makan malam, akan tetapi pada jam 6 petang, lebih baik Anda konsumsi satu sendok teh "Epsom Salt" (asam sulfat, magnesium serta garam inggris) dengan air hangat.

Ketika jam 8 malam telah tiba, maka Anda lakukan hal tersebut sama seperti ketika jam 6 petang. Pada jam 10 malam.

Campur minyak zaitun sebanyak satu cangkir teh dengan sari perasan lemon atau jeruk nipis, hal ini berfungsi agar batu menjadi terlumasi dan mudah keluar dari empedu Anda.


3. Evaluasi hasilnya



Jika sudah maka Anda dapat tidur dan tunggu hingga keesokan harinya, jika pengobatan ini berhasil, maka Anda akan mendapatkan 10 hingga 50 batu kecil-kecil yang keluar dari anus atau saat Anda BAB.
Konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk keparahan kasus Anda


Semoga informasi diatas membantu Anda.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel