Terapi Non Farmakologi Penyakit Hipertiroid

Terapi Non Farmakologi Penyakit Hipertiroid


Penyakit hipertiroid merupakan sebuah kondisi di mana tubuh memproduksi kelenjar tiroid secara berlebihan, sebenarnya kelenjar tiroid sangatlah berguna untuk tubuh.

Akan tetapi jika kelenjar tiroid tersebut diproduksi secara berlebihan maka akan menyebabkan yang namanya Thyrotoxicosis.

Kondisi Thyrotoxicosis merupakan saat di mana tubuh mengalami kelebihan tiroid yang menyebabkan tubuh berisiko keracunan.


Terapi Non Farmakologi Penyakit Hipertiroid



Munculnya penyakit hipertiroid ini disebabkan karena banyak sekali faktor, mulai dari penyakit hingga terjadi karena keturunan.

Gejala awal yang muncul akibat penyakit hipertiroid ini sendiri juga sangat bervariasi, mulai dari mual-mual, pusing hingga terjadi penurunan berat badan secara drastis.

Untuk menyembuhkan penyakit hipertiroid ini sendiri biasanya dilakukan dengan tindakan medis, mengingat penyakit hipertiroid sangatlah berbahaya apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama atau tidak dirawat.

Akan tetapi sebelum Anda merujuk ke tindakan medis, akan sangat lebih baik apabila Anda menerapkan penanganan pertama tanpa menggunakan obat atau kerap disebut dengan terapi non farmakologi.

Terapi non farmakologi bertujuan untuk mengurangi gejala awal yang disebabkan oleh sebuah penyakit, terutama untuk penyakit hipertiroid.

Akan tetapi jika terapi non farmakologi ini dilakukan secara rutin, tidak menutup kemungkinan penyakit hipertiroid bisa sembuh dengan mudah.

Bagaimana terapi non farmakologi penyakit hipertiroid itu?


1. Gunakan kulit manggis


Terapi non farmakologi penyakit hipertiroid yang pertama adalah dengan menggunakan kulit manggis.

Kulit manggis sejak jaman dahulu kala dikenal sebagai bahan tradisional yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya.

Hal ini terjadi karena kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, kandungan antioksidan tersebut bernama zat xanthone.

Kandungan antioksidan satu ini bahkan lebih tinggi dari pada kandungan antioksidan yang terdapat pada vitamin C.

Senyawa atau zat xanthone mampu menangkal semua radikal bebas yang menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya penyakit hipertiroid ini.

Nah untuk menggunakan kulit manggis sangatlah mudah sekali, pertama siapkan kulit manggis secukupnya saja.

Lalu keringkan dengan paparan sinar matahari, jika sudah kering maka Anda dapat menyeduh kulit manggis tersebut dalam satu gelas air hangat dan mengkonsumsi secara rutin setiap harinya.


2. Daun Sirsak


Daun sirsak mengandung berbagai macam senyawa yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun sirsak terkenal dengan senyawa acetogenins yang sangat tinggi, senyawa ini bersifat antioksidan sekaligus antikanker.
Oleh sebab itu daun sirsak sangat tepat apabila kita gunakan sebagai terapi non farmakologi penyakit hipertiroid ini.
Konsultasikan ke dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan) jika keluhan Anda berlanjut parah


Caranya sangat mudah sekali, pertama siapkan daun sirsak sebanyak 9 lembar dan air matang sebanyak 3 gelas.

Kemudian rebus daun sirsak tersebut di dalam 3 gelas air hingga menyisakan satu gelas air saja. konsumsi air rebusan daun sirsak tersebut secara rutin.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel