Terapi Non Farmakologi Penyakit Hiperlipidemia

Terapi Non Farmakologi Penyakit penumpukan lemak karena hiperlipidemia


Penyakit hiperlipidemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat produksi lemak secara berlebihan di dalam tubuh, terutama di dalam peredaran darah, lemak tersebut berbentuk trigliserida atau biasanya disebut lemak jahat (kolesterol).

Penyebab munculnya penyakit hiperlipidemia ini sendiri bermacam-macam, diantaranya seperti obesitas, penggunaan alkohol, diet kaya lemak, kelenjar tiroid yang kurang aktif atau bisa disebabkan karena kurang aktivitas olahraga secara rutin setiap hari.


Terapi Non Farmakologi Penyakit Hiperlipidemia


Sebenarnya lemak sangat bermanfaat untuk tubuh, karena dari lemak inilah tubuh mendapatkan asupan energi yang lebih besar.

Akan tetapi apabila lemak tersebut berlebihan, maka akan sangat membahayakan untuk tubuh karena bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit yang berbahaya, semisal penyakit jantung, serangan stroke dan diabetes melitus.

Untuk mengatasi penyakit hiperlipidemia ini sendiri sebenarnya ada banyak sekali cara, biasanya banyak orang menyembuhkan penyakit hiperlipidemia dengan mengkonsumsi obat-obatan, akan tetapi sebenarnya obat-obatan tersebut hanyalah memberikan kesembuhan semu saja.

Setelah Anda tidak mengkonsumsi obat tersebut, maka kadar lemak dalam darah akan mulai meningkat lagi, bahkan bisa lebih parah dari pada sebelumnya.

Solusi tepat untuk menyembuhkan penyakit hiperlipidemia adalah dengan melakukan penanganan tanpa obat atau sering disebut dengan terapi non farmakologi.


Penanganan cara ini sangatlah aman untuk dilakukan, karena pada dasarnya tidak memerlukan bantuan obat-obatan kimia berbahaya.

Bagaimanakah terapi non farmakologi penyakit hiperlipidemia itu? untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut ini.


1. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol


Lemak trigliserida atau kolesterol merupakan penyebab munculnya penyakit hiperlipidemia, oleh sebab itu jika Anda telah menderita penyakit hiperlipidemia ini.

Akan sangat lebih baik apabila menghindari makanan yang banyak mengandung kolesterol, karena jika Anda tetap mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Maka lemak akan menimbun dalam jumlah banyak di dalam tubuh,

Sehingga penyakit hiperlipidemia yang Anda derita bisa menjadi lebih parah lagi. makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Antara lain seperti gorengan, daging yang banyak mengandung lemak dan lain sebagainya.


2. Menurunkan berat badan Obesitas


Obesitas atau kelebihan berat badan juga merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit hiperlipidemia.

Hal ini terjadi karena di dalam tubuh seseorang yang mengalami obesitas, mereka mengalami penimbunan lemak berlebih yang menyebabkan berat badannya naik.

Oleh sebab itu, terapi non farmakologi penyakit hiperlipidemia yang terbaik adalah dengan menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan program diet sehat untuk menurunkan berat badan tersebut.


3. Rutin melakukan aktivitas fisik


Terapi non farmakologi penyakit hiperlipidemia yang terakhir adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik ini sangatlah berguna sekali bagi penderita penyakit hiperlipidemia, karena dengan melakukan aktivitas fisik, lemak dapat dibakar secara optimal melalui proses metabolisme, lainnya dengan olahraga.

Aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan antara lain seperti olahraga jogging, olahraga aerobik, yoga dan lain sebagainya.
Coba konsultasikan ahli Gizi dan Dokter Spesialis Jantung agar bisa terbantu keluhan Anda


Itulah beberapa terapi non farmakologi penyakit hiperlipidemia, semoga informasi diatas membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel