Terapi Non Farmakologi Penyakit Meningitis

Terapi Non Farmakologi Penyakit Meningitis


Penyakit meningitis merupakan sebuah gangguan kesehatan yang sangat mematikan, penyakit meningitis ini bisa menyerang siapa saja.

Penyakit mematikan ini menyerang pada bagian selaput otak, sehingga sangatlah berbahaya karena pada dasarnya penyakit meningitis ini menyerang pada bagian organ vital.


Terapi Non Farmakologi pada Penyakit Meningitis atau Radang selaput otak


Penyebab munculnya penyakit meningitis atau sering disebut dengan peradangan otak ini, dapat terjadi karena banyak sekali faktor.

Terutama kurangnya menjaga kebersihan mulut, karena dari mulut inilah kuman, bakteri atau jamur menjadi masuk kedalam otak.

Di dalam otak inilah virus atau bakteri tersebut berkembang biak.

Gejala awal munculnya penyakit meningitis ini juga sangat bervariasi, gejala yang pasti mengenai penyakit meningitis ini adalah munculnya rasa sakit kepala secara berlebihan.


Sakit kepala ini tidak akan bisa hilang walaupun telah mengkonsumsi banyak obat-obatan sakit kepala seperti aspirin dan sejenisnya.

Untuk mengatasi penyakit meningitis sendiri sangat diperlukan penanganan secara medis, mengingat penyakit satu ini sangatlah berbahaya sekali.

Namun sebelum Anda melakukan tindakan medis, akan sangat penting untuk menerapkan penanganan pertama tanpa menggunakan obat atau kerap disebut dengan terapi non farmakologi.

Cara ini hanya berguna untuk mengurangi gejala saja, bukan untuk kesembuhan, lantas bagaimana terapi non farmakologi pada penyakit meningitis itu?


Temukan jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasan berikut ini.


1. Konsumsi cairan sebanyak mungkin



Gejala awal munculnya penyakit meningitis biasanya adalah dehidrasi secara berlebihan. nah untuk mengatasi gejala yang satu ini, Anda bisa mengkonsumsi banyak cairan.

Mulai dari air putih, teh, jus jeruk atau minuman yang mengandung banyak isotonik.

Jika biasanya manusia memerlukan konsumsi cairan sebanyak minimal 8 gelas, akan tetapi untuk penderita penyakit meningitis memerlukan konsumsi cairan yang lebih banyak dari 8 gelas.


2. Istirahat secara total


Terapi non farmakologi penyakit meningitis selanjutnya adalah dengan istirahat secara total.

Istirahat total ini sangat diperlukan bagi penderita penyakit meningitis, terutama istirahat dari aktivitas-aktivitas berat yang memerlukan banyak tenaga dan pikiran.

Istirahat yang terbaik bagi penyakit meningitis adalah dengan tidur sebanyak mungkin.


3. Diet makanan



Makanan yang dikonsumsi oleh penderita penyakit meningitis, haruslah berbeda dengan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya.


Adapun makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit meningitis antara lain seperti kacang-kacangan, buah, sayur dan sereal.

Selain makanan jenis tersebut, usahakan untuk mengurangi atau menghindari sebisa mungkin.


4. Mandi air hangat


Terapi non farmakologi penyakit meningitis yang terakhir adalah dengan selalu melakukan mandi dengan air hangat.

Hal ini bertujuan agar meminimalisir sakit kepala yang disebabkan oleh peradangan di selaput otak.

Usahakan untuk mandi dengan air hangat di atas suhu 35 derajat celcius setiap harinya.

Jika keluhan Anda berlanjut maka coba konsultasikan dengan dokter spesialis saraf menegnai keluhan Anda

Terapi non farmakologi ini merupakan suatu tindakan pengobatan secara preventif dan edukatif, jika penyakit Anda berlanjut hubungi dokter setempat.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel