Terapi Non Farmakologi Penyakit Limfoma

Terapi Non farmakologi Neuroblastoma

Sobat Terapi, Limfoma adalah jenis kanker darah yang disebabkan karena keabnormalan limfosit.

Padahal limfosit ini berfungsi sebagai pengkal semua penyakit yang masuk kedalam tubuh kita.

Akan tetapi kemudian membentuk tumor, biasanya penyakit limfoma bisa disembuhkan dengan cara kemoterapi.

Walaupun begitu beberapa penderita penyakit limfoma juga tidak dapat disembuhkan melalui kemoterapi karena sifat tumornya yang ganas.

Penyebab penyakit limfoma sendiri hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti kebenarnnya secara ilmiah, namun disinyalir yang menjadi penyebab utama dari penyakit limfoma berasal dari virus, kuman ataupun bakteri.

Sedangkan untuk gejala yang muncul sendiri juga sangat bervariasi. Seperti demam, berat badan menurun, terdapat benjolan yang terasa sakit dan lain sebagainya.

Terapi Non Farmakologi Penyakit Limfoma



Penyakit limfoma sangatlah berbahaya jika dibiarkan, mengingat penyakit ini bisa menyebabkan kematian bagi penderita itu sendiri.

Untuk menyembuhkan penyakit limfoma haruslah dilakukan dengan medis. Mulai dari kemoterapi, radiasi dan lain sebagainya.

Akan tetapi sebelum melakukan itu semua lebih baik Anda terapkan terapi non farmakologi atau sering disebut dengan penanganan tanpa obat.

Terapi non farmakologi ini berguna untuk mengatasi gejala awal yang muncul saja, sedangkan untuk kesembuhan harus dilakukan pengobatan medis.

Lantas bagaimanakah terapi non farmakologi penyakit limfoma itu sendiri?

Untuk menjawabnya langsung saja simak ulasan berikut.

1. Manjauhi alkohol

Alkohol sangatlah tidak baik bagi penderita limfoma, di dalam alkohol mengandung berbagai senyawa kimia yang mampu merusak susunan jaringan dalam tubuh, sehingga menyebabkan sel kanker menjadi muncul.

Oleh sebab itu bagi Anda yang saat ini menderita penyakit limfoma, lebih baik jauhi alkohol secepat mungkin, mengingat bahayanya yang sangat merugikan untuk diri sendiri.


2. Menjauhi makanan mengandung pewarna

Sekarang ini banyak sekali beredar di pasaran makanan-makanan dengan berbagai macam variasi warna. Mulai dari warna kuning, merah hingga warna pelangi semua tersedia.

Makanan tersebut sebenarnya jika Anda tahu mengandung pewarna sintetis yang dapat membuat pertumbuhan tumor yang Anda derita akibat penyakit limfoma semakin parah.

Maka dari itu hindari makanan yang banyak mengandung zat warna, utamakan konsumsi makanan yang mengandung sedikit warna atau bahkan tidak ada. Anda bisa mengkonsumsi makanan olahan sendiri.

3. Konsumsi makanan kaya akan serat

Terapi non farmakologi penyakit limfoma selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan yang kaya akan serat.

Makanan yang banyak mengandung serat inilah yang mampu membantu mengembalikan fungsi keabnormalan sel yang terjadi akibat penyakit limfoma yang Anda derita.

Makanan yang banyak mengandung serat antara lain seperti buah pepaya, melon, jeruk, jambu biji dan berbagai macam jenis sayuran lainnya.

Itulah beberapa terapi non farmakologi penyakit. Namun untuk kesembuhan penyakit limfoma haruslah Anda lakukan penanganan secara medis.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel