Terapi Non Farmakologi Penyakit Gatal Akibat Jamur Tinea Cruris

Terapi Non Farmakologi Penyakit Gatal Akibat Jamur Tinea Cruris


Sobat terapi, penyebab jamur kulit kelamin pada umumnya disebabkan oleh salah satu jamur Tinea Cruris.

Terdapat puluhan jamur di kulit kelamin juga banyak jenisnya, ada puluhan spesies jamur kulit yang harus memerlukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui jenis jamur itu.

Jamur Tinea Cruris Penyebab Gatal di Selangkangan


Jamur Tinea Cruris atau jock itch merupakan tipe jamur yang sering dan banyak ditemui dengan ciri khas jamur itu membuat infeksi di kulit saat udara hangat dan berkeringat dan membuat rasa gatal yang tidak tertahankan.

Jamur ini membuat rasa gatal yang hebatdan suka berkembang biak di area paling lembab tubuh yaitu selangkangan dan kulit kelamin.

Disamping itu tipe jamur diatas suka hidup di tempat yang jarang terkena sinar matahari dan tempat yang lembab, seperti kamar mandi, kamar tidur, dll

Iritasi Kulit


Iritasi kulit merupakan peradangan di area kulit selangkangan dimana kulit berubah menjadi bersisik dan selanjutnya akan menjadi ruam kemerah - merahan disertai gatal - gatal disekitar pangkal paha dan kulit kelamin.

Pada pria pada umumnya gatal - gatal pada mulanya di daerah skortum atau biji penis atau buah zakar dan menimbulkan efek gatal - gatal yang hebat disertai nyeri dan perih.

Pada wanita pada umumnya gatal di sekitar labia mayor atau sekeliling bibir vagina dan selangkangan paha dengan indikasi rasa perih dan sakit hebat sewaktu menggaruk area tersebut dan menimbulkan ruam kemerah - merahan.

Ciri iritasi kulit


  1. Terjadi ruam atau bintik - bintik kecil melepuh dan cembung
  2. Ruam menyebar dari kulit kelamin sampai pangkal paha dengan lesi terbatas tipis, tepi ruam meninggi berbentuk bintik - bintik dan kemerah - merahan.
  3. Terdapat nanah di ujung ruam
  4. Bagian tengah jika diraba terdapat sisik kasar pada kulit dan berwarna putih
  5. Terdapat perubahan warna kulit yaitu coklat, kehitaman dan terkadang krem
  6. Jika di garuk akan melepuh dan membesar peradangan tersebut
  7. Sifat iritasi menyebar di sekitar area kulit
  8. Rasa gatal yang hebat jika berkeringat
  9. Pedih jika di garuk
  10. Perubahan warna kulit yang signifikan


Dermatitis Kontak

Pada seseorang yang terbiasa kontak dengan media seperti pakaian, celana, handuk, celana dalam yang sudah terindikasi oleh jamur tinea cruris bersinggungan dengan kulit kita.

Terjadi jika ada kontak dari kulit ke media yang membuat gatal di kulit, contoh seperti menggunakan detergent dan pengharum atau pelembut pakaian ke kulit.

Kontak kulit tersebut akan menjadi media penghantar kulit ke media yang membuat gatal jika ada indikasi pakaian Anda ditumbuhi jamur.

Sehingga menggunakan pakaian yang kontak langsung dengan jamur dapat menjadikan kulit kita gatal.

Apalagi jika daerah selangkangan kita yang kontak langsung dengan pakaian atau bekas detergen yang sudah terindikasi ada jamur.

Sehingga penularan jamur tersebut cepat bereaksi dan membuat koloni jamur di selangkangan dan kulit kelamin Anda.


Terapi Non Farmakologi Pencegahan Gatal di Selangkangan dan Kulit Kelamin


Pengalaman penyakit jamur kulit dari kami pernah mengalami penyakit jamur kulit di selangkangan yang diakibatkan oleh bergantian atau gonta-ganti memakai celana renang yang basah dan udara waktu itu panas sehingga pengalaman ini kami bagikan buat Anda.

Lepas Celana Dalam Anda

Melepas celana dalam sebaiknya dilakukan jika tubuh Anda terasa gatal yang tidak tertahankan, sebab tumbuhnya jamur tinea cruris disebabkan oleh faktor kelembaban yang tinggi oleh keringat.

PH yang asam pada selangkangan Anda akan menimbulkan efek iritasi jika Anda tidak melepas celana dalam Anda.

Hal demikian disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan jamur di kulit dimana disebabkan oleh faktor lingkungan jamur untuk hidup.

PH yang asam dan lingkungan lembab merupakan tempat yang nyaman untuk hidup jamur tinea cruris.

Gunakan kipas untuk mengeringkan area selangkangan yang lembab oleh keringat


Jika tubuh Anda berkeringat berlebihan disarankan untuk segera mencari angin segar atau bisa juga menggunakan kipas angin.

Penguapan atau evaporasi yang lambat dan lama pada tubuh dan selangkangan Anda berpotensi menyuburkan jamur tinea cruris dimana hal tersebut memang harus segera diatasi.

Jangan mandi disaat keringat basah membasahi tubuh Anda dan tunggu sampai tubuh Anda kering lalu baru Anda boleh mandi.

Kipas angin membantu proses evaporasi dari keringat yang membasahi tubuh Anda, terutama daerah selangkangan yang rawan dengan tumbuh jamur tinea cruris.


Gunakan tisu basah untuk membersihkan area selangkangan Anda

Tisu basah merupakan anti bakteri dan jamur dimana tempat yang lembab di sekitar tubuh Anda sering dihinggapi oleh tumbuhnya beraneka macam jenis jamur dan bakteri.

Pertumbuhan bakteri dan jamur lebih cepat berkembang jika Anda membiasakan tubuh Anda berkeringat berlebihan.

Tisu basah pada umumnya dibuat oleh pabrik untuk antiseptik terhadap kuman dan jamur dimana hal tersebut bagus dalam menangkal sementara pertumbuhan jamur tinea cruris.


Gunakan celana yang longgar dan bersih

Pada beberapa orang yang suka menggunakan celana yang ketat dan erat mampu memicu tumbuhnya jamur dan bakteri dalam waktu yang singkat dimana daerah yang lembab terutama pada area selangkangan memang harus dihindari menggunakan celana ketat.

Menggunakan celana longgar atau memakai sarung bagus untuk menjaga tubuh dan selangkangan Anda dari tumbuhnya jamur tinea cruris.

Gunakan handuk pribadi atau handuk sendiri

Pada beberapa kasus penularan bakteri dan jamur di kulit disebabkan oleh penggunaan handuk yang sering dipakai bersama.

Untuk kasus penularan jamur tinea cruris pada umumnya orang lain sudah terindikasi penyakit gatal oleh jamur tinea cruris dan ditularkan dengan penggunaan handuk secara bersamaan.

Usahakan pakaian dan celana dalam dicuci bersih dan dikeringkan dengan benar


Kebanyakan kasus gatal pada selangkangan Anda yang disebabkan oleh jamur tinea cruris, salah satu indikasi penularan gatal oleh pakaian dan celana dalam yang jarang dicuci.

Pada umumnya anak-anak remaja dan kaum buruh banyak yang menderita gatal yang disebabkan oleh jamur tinea cruris.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya celana dalam wajib dicuci dengan bersih dan dikeringkan dulu.

Pada kasus anak remaja penyakit gatal karena jamur tinea cruris disebabkan oleh pakaian dan celana dalam yang setengah kering atau masih basah.

Usahakan mandi secara bersih 3x sehari

Menjaga tubuh dengan mandi yang bersih memang dianjurkan kesehatan minimal sehari 2x dimana pagi hari sebelum bekerja kita wajib mandi supaya fresh dan bersih.

Sore hari sehabis pulang kerja atau aktivitas yang agak berat memang wajib dilakukan agar pertumbuhan jamur dan bakteri tidak menghinggapi tubuh Anda.

Infeksi Oleh Kuku Yang Tidak Bersih

Menggaruk daerah yang gatal dengan kuku Anda karena dapat mengakibatkan infeksi.

Pada kasus gatal dan iritasi di kulit disebabkan oleh infeksi pada jari dan kuku Anda dimana pada kuku yang hitam tempat tubuhnya bakteri dan jamur.

Saat gatal melanda Anda sebaiknya jangan menggaruk daerah selangkangan atau bagian tubuh lain sebab jamur dan bakteri akan menempel dan membuat iritasi di kulit.

Dilarang menggunakan pakaian bergantian dengan orang lain


Pada penularan penyakit gatal oleh jamur tinea cruris disebabkan oleh penggunaan pakaian yang sering dipakai bersama.

Penggunaan pakaian bersama jika salah satu dari orang tersebut menderita infeksi jamur tinea cruris, maka Anda juga bisa tertular dimana pakaian merupakan media tempat jamur transfer dan tinggal dan berkembang.

Hindari aktivitas yang memicu Anda menjadi berkeringat berlebihan sehingga menimbulkan gatal yang tidak tertahankan

Orang yang mempunyai aktivitas yang berat dan sering berkeringat, terkadang dapat memicu gatal dan iritasi kulit.


Keringat merupakan media yang bisa memindahkan bakteri dan jamur dimana kandungan keringat mempunyai kadar PH yang tinggi.

Apabila Anda sudah terindikasi menderita gatal karena jamur tinea cruris wajib menjaga keringat Anda dengan cara dikeringkan secepatnya sehabis aktivitas dan menghindari keringat berlebihan.

Dilarang makan yang meningkatkan alergi dan keringat


Pada orang yang sudah terindikasi positif gatal karena penyakit tinea cruris wajib menjaga makanan mereka, agar gatal di selangkangan dan bagian tubuh lain tidak meningkat perkembangbiakan jamur.

Makanan yang tinggi protein hewan seperti telur ayam ras, daging ayam ras dan rasa pedas yang berlebihan memicu timbulnya keringat.

Selain itu daging ayam ras dan telur ayam ras mempunyai protein yang sangat tinggi dan lemak jenuh yang tinggi sehingga gatal akan semakin meningkat.

Pada orang yang alergi dengan makan daging dan telur sebaiknya harus diganti dengan makanan yang lebih ke vegetarian seperti konsumsi buah dan sayur.

Dilarang menggunakan celana pendek atau celana panjang yang ketat

Pasien yang menderita gatal di selangkangan dan bagian tubuh lain karena jamur tinea cruris wajib menjaga dan menggunakan celana panjang yang longgar.

Celana panjang dan celana pendek yang longgar mampu mengurangi gejala gatal karena penyakit tinea cruris 45% sehingga peningkatan gatal bisa dicegah sedini mungkin.


Dilarang memakai celana dalam yang jarang diganti atau celana dalam bolak-balik

Pada kasus gatal pada selangkangan oleh jamur tinea cruris disebabkan oleh penggunaan celana pendek yang sering dipakai bolak-balik.

Celana dalam bolak-balik menyebabkan jamur dan bakteri mampu bertahan dan berkembang biak dengan cepat jika hal tersebut sering dilakukan.

Hindari gesekan pakaian yang kasar dimana dapat menggesek kulit dan kelamin Anda sehingga menimbulkan luka lecet.

Pakaian dan celana panjang yang kasar, seperti celana jeans dan pakaian jeans juga memicu gesekan pada kulit yang iritasi sehingga hal tersebut seharusnya dihindari.

Gunakan pakaian yang lembut dan juga celana yang lembut seperti kain nilon atau sejenisnya dimana mampu memberikan efek sedikit gesekan pada kulit yang iritasi.

Hindari udara lembab dan panas disekitar Anda, karena memicu gatal


Udara yang lembab, jenuh dan panas mampu menimbulkan suasana lebih cepat dalam perkembangan jamur tinea cruris.

Jamur Kulit suka dengan lingkungan lembab, panas dan gelap serta berkeringat, untuk itu Anda harus menggunakan kipas angin atau AC agar terjadi evaporasi suhu ruangan yang panas dan lembab agar tumbuhnya jamur tinea cruris dapat dicegah.

*Catatan:

Terapi non farmakologi merupakan tindakan preventif tidak menggunakan obat dan suntikan, jika penyakit Anda berlanjut, maka segera hubungi dokter setempat untuk pengobatan lebih lanjut.

Demikian terapi non farmakologi penyakit gatal akibat jamur tinea cruris, semoga artikel kami membantu Anda dalam pengobatan atau terapi non farmakologi.

Sumber:
  1. Secangkir terapi.com
  2. Alodokter
  3. Wikipedia
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel