Terapi Non Farmakologi Untuk Asam Urat Tinggi

non farmakologi asam urat

Sobat terapi, banyak diantara kita yang sering terjadi peningkatan asam urat yang disebabkan oleh peningkatan kadar zat purin dalam darah sehingga kita menjadi nyeri pada persendian.

Salah satu nyeri dan sakit pada persendian yang banyak dikeluhkan oleh orang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat dalam darah dan mengendap pada persendian.

Zat Purin Penyebab Asam Urat Tinggi

Konsumsi makanan yang tinggi zat purin akan menyebabkan penumpukan sampah sisa pembuangan organik di dalam tubuh Anda, sehingga terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh Anda.


Apa sih zat purin itu?

Zat Purin adalah zat alami yang ditemukan didalam sel, termasuk didalam tumbuhan maupun hewan di sekitar kita. Sayuran pada umumnya lebih tinggi purin dibandingkan dengan daging.

Purin yang masuk kedalam tubuh kita dari makanan selanjutnya akan di metabolisme menjadi asam urat.

Pada umumnya laki - laki sangat rentan terkena asam urat daripada perempuan, sebab pada perempuan sampah organik tersebut larut dan ikut keluar di saat wanita mengalami datang bulan (menstruasi).

Namun pada perempuan setelah monopouse juga bisa terkena gejala asam urat sebab pengeluaran darah kotor seperti asam urat dan lainnya tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh.

Disamping itu, pasien yang tinggi asam urat lebih ke masalah pada metabolisme tubuh yang kurang lancar, sehingga pengeluaran sampah organik tersebut tidak bisa dibuang lewat keringat, feses, urin.

Gejala asam urat yang tinggi adalah sakit waktu diangkat atau digerakkan pada tungkai dan kaki sehingga pada umumnya penderita akan mengalami bengkak pada kaki dan tungkai.


Kasus gejala asam urat tinggi

Pasien tidak mampu dan merasa kesakitan sewaktu bangkit dari kamar tidur karena tingginya asam urat di persendian lutut.

Konsumsi obat - obatan penurun asam urat sebenarnya bagus, bila asam urat sudah naik, namun jika di konsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan gangguan pada ginjal Anda.

Penyebab tinggi asam urat adalah kita kurang waspada dengan makanan yang kita makan dan lupa dengan takaran yang aman dalam menjaga kadar zat purin agar aman.

Selain penumpukan zat purin yang menyebabkan asam urat,

Faktor pemicu tingginya asam urat

  1. Obesitas (berat badan berlebih)
  2. Konsumsi makanan rendah energi
  3. Penyakit ginjal
  4. Leukimia
  5. Psoriasis


Disini kami akan memberikan pengobatan tanpa menggunakan obat dengan terapi non farmakologi sehingga membantu Anda:

Terapi Non Farmakologi Dalam Mengobati Asam Urat Tinggi

Pasien yang melakukan diet dengan tinggi asam urat diwajibkan selalu menjaga pola makan dan mengurangi makan yang tinggi zat purin.

Diet Rendah Purin

Pasien wajib mengkonsumsi makanan rendah purin seperti: roti putih, sereal, keju, coklat, telur batasi sampai 1 butir/hari, buah, susu, es krim, minyak zaitun, mie, pasta, puding, beras dan sayuran seperti sayur sop.

Makanan yang tinggi zat purin seperti jerohan, hati, unggas, usus, dll harus dihindari.

Hindari Makanan yang Tinggi Purin

Pasien wajib menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti jerohan, hati, sayuran bayam, kacang - kacangan, sarden, ikan teri, ekstrak daging, otak sapi, jantung.

Beberapa makanan yang mengandung 100 - 1.000 mg atau 0,1 - 1 gram zat purin dalam satu porsi makanan adalah hati, ginjal, sarden, ekstrak daging, otak dan usus.

Pada sayuran juga ada yang tinggi zat purin seperti bayam, kol, dll. Untuk konsumsi tempe dan tahu aman asal jangan di konsumsi berlebih, batasi tidak lebih dari 90 gr per hari.

Batasi juga makanan yang mengandung 100 gram purin dalam 100 gram makanan, seperti:
  1. satu porsi daging 90 gr ikan atau unggas
  2. satu porsi sayuran 90 gr
  3. satu porsi ikan 100 gr

Takaran gram bisa menggunakan sendok makan

Atau lebih akurat menggunakan timbangan elektronik, untuk ukuran sendok makan yaitu:
  • 1 sendok makan air = 15 gram
  • 1 sendok makan gula merah = 15 gram
  • 1 sendok makan garam = 10 gram
  • 1 sendok makan gula pasir = 20 gram
  • 1 sendok makan minyak goreng, margarin = 10 gram

Aturan makan aman tinggi zat purin

  1. Tempe boleh dimakan dalam 4x takaran sendok makan perhari dengan berat 20 gram
  2. Daging ayam dan daging sapi juga boleh dikonsumsi dengan berat 90 gram saja atau 2x makan pagi sore dengan berat takaran 45 gram atau satu sendok makan per hari.
  3. Ikan sungai, ikan laut juga boleh dimakan, namun jangan sampai makan lebih dari 90 gram atau takaran 1 sendok makan per hari.
  4. Ikan sarden dan ikan yang diawetkan atau ikan asin hendaknya di hindari karena tiap 1 sendok makan mengandungtinggi zat purin. Jika makan batasi 1/2 sendok makan per hari.
  5. Sayuran yang kehijauan mengandung zat purin yang tinggi, seperti bayam, kangkung, dll. Untuk konsumsi sayur bayam sebenarnya boleh asal makan 1/2 sendok makan 2x perhari atau konsumsi pagi 1/2 sendok makan dan sore 1/2 sendok makan cukup.
  6. Kacang - kacangan tinggi zat purin juga, seperti kacang tanah, kacang polong, kacang hijau. Batasi 1/2 sendok makan per hari cukup.
  7. Burung dara, ayam kampung, unggas juga boleh di konsumsi asal makan 1/2 sendok makan per hari cukup.
  8. Telur ayam batasi 1 butir per hari, atau jika konsumsi pagi sore cukup setengah telur untuk pagi dan setengah telur untuk siang.
  9. Susu kedelai sebaiknya di konsumsi kurang dari 1 sendok makan per hari.
  10. Untuk jerohan seperti usus, hati, otak, limpa, paru sebaiknya dihindari makan dan jangan di takar.

Aktifkan Metabolisme Tubuh

Pada pasien yang jarang bergerak dan obesitas (gendut) beresiko tinggi terkena asam urat, karena metabolisme tubuh tidak sempurna.

Metabolisme merupakan aktivitas pembakaran kalori tubuh dan sampah - sampah organik yang mengganggu peredaran darah, sehingga zat beracun tersebut dapat dikeluarkan.

Cara mengaktifkan metabolisme tubuh agar sempurna yaitu lewat olahraga, dimana adrenalin terpacu dan keringat keluar, sehingga zat purin yang mengendap dalam tubuh dapat dikeluarkan lewat keringat sehabis olahraga.

Metabolisme Penderita Asam Urat

Mungkin seseorang yang mengalami asam urat tinggi antara orang satu dan lainnya berbeda pengalaman dan sakitnya,pada beberapa orang walaupun olahraga aktif dan sering berkeringat tetap saja asam urat masih tinggi, hal ini disebabkan karena adanya gangguan sistem pembakaran tubuh dan gangguan ginjal.

Jika kita dapat melakukan olahraga atau senam rutin seminggu 2 kali dengan waktu 30-45 menit dalam setiap sesi, maka metabolisme Anda aktif.

Pada kasus pembakaran metabolisme yang tidak lancar disebabkan oleh tidak teratur dan beratnya beban olahraga yang dilakukan.

Contoh olahraga yang bagus untuk orang tinggi asam urat

Jogging atau lari-lari kecil selama waktu setengah jam selama 2 kali dalam seminggu dan dilakukan rutin, mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

Misalnya:

Seminggu jogging antara hari senin dan kamis atau bisa juga hari rabu dan minggu.

Jika Jogging dirasa menyebabkan sakit di persendian bisa diganti dengan olahraga renang yang ringan untuk persendian Anda.

Daftar Batas Aman Asam Urat


Selalu cek batas Aman Asam Urat dengan Cek Laborat Mini
Menurut WHO (World Health Organization) atau organisasi kesehatan dunia.


Batas minimum asam urat yang aman adalah 2,1 mg/dl untuk pria
wanita dan batas tertinggi asam urat pria dan wanita adalah 7,5 mg/dl

;

Tabel Nilai Asam Urat


Rincian tabel seperti berikut:


Jenis Kelamin dan Usia Nilai Terendah Asam Urat Nilai Tertinggi Asam Urat
Pria dewasa usia 18 - 40 2 mg/dl 7,5 mg/dl
Wanita dewasa usia 18 - 40 2 mg/dl 6,5 mg/dl
Pria usia 40+ 2 mg/dl 8,5 mg/dl
Wanita usia 40+ 2 mg/dl 8 mg/dl
Anak laki - laki usia 10 -18 3,6 mg/dl 5,5 mg/dl
Anak perempuan usia 10 - 18 3,6 mg/dl 4 mg/dl
Sterno - Pena


Nilai diatas adalah nilai terendah dan tertinggi untuk asam urat, bisa menjaga nilai normal asam urat tersebut diantara 2,1 - 7,5 mg/dl.


Terapi Hemodalisa Jika Asam Urat Susah dikendalikan

Penderita yang mempunyai asam urat tinggi dan tidak kunjung turun selama lebih dari 2 bulan.

Pada umumnya terdapat gangguan pada ginjal, sehingga timbunan asam urat tidak bisa di absorbsi oleh ginjal dan perlu dicek dulu kesehatan ginjal Anda.

Pada orang yang mempunyai gangguan fungsi ginjal dan menderita asam urat tinggi, maka pilihan terbaik dalam mengatasi asam urat yang tinggi dan penyakit ginjal dengan cara cuci darah rutin di Unit Hemodalisa Rumah Sakit atau klinik Hemodalisa yang terdekat di kota Anda.

Terapi Hemodalisa di Rumah Sakit

Pengalaman Pasien yang berobat dengan cuci darah saat asam urat tinggi mempunyai kecenderungan cepat membaik dalam hal bengkak dan hilang rasa nyeri di persendian dimana hal itu membantu pasien yang menderita asam urat tinggi yang susah diobati.

Pada umumnya dokter penyakit dalam merujuk pasien asam urat ke unit hemodalisa agar masalah bengkak dan linu-linu di persendian dapat ditangani dan dirawat dengan cepat dan terarah.

Cara cuci darah yang terbaik adalah seminggu 2x agar darah Anda bersih dari racun dan sisa sampah organik tubuh, seperti asam urat bisa di turunkan dengan cepat.

Biasanya cuci darah diprogramkan oleh dokter penyakit dalam dan dokter spesialis rematologi jika penderita selain asam urat ada gangguan pada fungsi ginjal yang menyebabkan masalah dan penyakit tidak kunjung sembuh.

Terapi Hemodalisa di Klinik Kesehatan

Catatan:

Pengalaman Terapi Hemodalisa Di Klinik Kesehatan

Dulu ada pasien yang sering mengalami asam urat tinggi dengan kadar asam urat diatas batas normal dan termasuk kategori tinggi dengan 13 mg/dl.

Penderita di rawat intensif di ruang Super Vip berhubung penderita sering mengalami keluhan nyeri dan lini-linu di persendian dan ruang hemodalisa di Rumah Sakit terbatas atau penuh dan harus menunggu dalam waktu yang tidak bisa ditentukan maka pasien minta untuk berobat cuci darah di Klinik Kesehatan.

Untung saat bertanya di Klinik Kesehatan swasta yang menyediakan alat Hemodalisa tidak menunggu atau kosong dan penderita mau untuk cuci darah dan pelayanan tersebut membantu penderita yang mengalami masalah mendesak dengan alat cuci darah.

Nah jika ada sobat terapi yang mengalami kejadian yang serupa, saya punya saran untuk bertanya di Klinik Kesehatan yang menyediakan Hemodalisa agar cepat pelayanan cuci darah untuk asam urat tinggi.

Semoga terapi non farmakologi ini bisa membantu Anda, terimakasih.

Sumber:
Secangkir terapi
Khasiat manfaat
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel